Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Jasa Wisata Lava Tour di Kawasan Wisata Kaliadem ( Studi Kasus Merapi Jaya Adventure)
UMMI AZIFAH 'AZMI, R.A. Antari Innaka Turingsih, S.H.,M.Hum.
2019 | Skripsi | S1 HUKUMPenulisan Hukum ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi wisatawan lava tour selaku konsumen jasa wisata pada komunitas Merapi Jaya Adventure. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan hukum ini terkait dengan perlindungan konsumen terkait hak-hak wisatwan selaku konsumen dan tanggung jawab pihak pengelola dalam hal terjadi kerugian yang menimpa wisatawan. Penelitian hukum ini bersifat normative-empiris yaitu menggabungkan metode penelitian normative dengan cara penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data primer. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dan kemudian dianalisis dengan metode kualitatif dan disajikan dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, didapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, pelayanan bagi wisatawan lava tour merupakan bentuk perlindungan secara represif kepada wisatawan, namun perlindungan yang diberikan belum dilaksanakan secara maksimal karena kurangnya keterpaduan peran pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. Kedua, pelaksanaan tanggung jawab penyedia jasa lava tour apabila timbul kerugaian kepada wisatawan telah dilaksanakan dengan berpedoman pada asas kepatutan yang ada dimasyarakat dengan disertai ganti kerugian.
This legal research aims to understand the legal protection for lava tour tourists as consumers of tourism services in Merapi Jaya Adventure community. The main questions of this research are related to legal protection of tourist rights as consumers of tourism services and the management responsibility in terms of loss arise to tourists. This study is based on normative-empirical research method, by combining normative research that uses sources from library to obtaine secondary data and empirical research throught the conduct of field research to obtain primary data. The data obtained from the result of research were analyzed using descriptive method. Based on the research, there are some conclution that could be take. First, service for lava tour tourists is form of represive protection to tourists, however the protection has not been maximally implemented because lack of integration of roles from government, management busines, and society. Second, the implementation of the responsibility has been carried by referring to the propritery principles that exist in the society accompanied with compensation.
Kata Kunci : Perlindungan hukum, hak konsumen, kewajiban pelaku usaha, keselamatan pariwisata/Legal Protection, consumers protection, business obligation, tourism safety.