HUBUNGAN ANTARA MEDIASI ORANGTUA DENGAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIII SMPN 2 BANTUL
NURIZKI FAJAR H, Dr. Diana Setiawati P, M.Hsc.Psy, Ph.D
2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIKemajuan teknologi dan datangnya era persaingan global mendorong pihak pendidik dan orangtua untuk memaksimalkan penguasaan teknologi informatika anak-anak mereka. Kemampuan literasi digital siswa adalah wujud dari penguasaan teknologi tersebut. Penelitian berikut dilakukan di SMPN 2 Bantul dengan sampel siswa kelas VIII sejumlah 124 siswa dari total keseluruhan 180 anak untuk melihat tingkat penguasaan literasi digital siswa serta besarnya pengaruh dari mediasi yang dilakukan orangtua pada hal tersebut. Dari hasil perhitungan didapat nilai korelasi Pearson sebesar (r=0.203) dan signifikansi sebesar (p=0,020) yang berarti bahwa korelasi tersebut bersifat lemah dan signifikan. Hasilnya, terdapat hubungan positif yang lemah antara literasi digital siswa kelas VIII SMPN 2 Bantul dengan mediasi yang dilakukan orangtua mereka.
The rapid advancement of technology and the coming age of globalization have pressed both parents and teachers to optimize the children’s IT (Information and Technology) skill to ensure their survival on the global stage. Digital literacy is one of the essential skill that reflects the student’s mastery on the IT field. This research was conducted in SMPN 2 Bantul involving 124 eight graders as its subjects to measure their digital literacy skill and the level of parental mediation that they received at home. The result was a weak positive correlation of (r=0,203) and significance of (p=0,020) which means that there are weak positive corelations between the eighth graders of SMPN 2 Bantul’s digital literacy skills and the level of parental mediation that they received at home.
Kata Kunci : literasi digital, mediasi orangtua, siswa kelas VIII SMP, digital literacy, parental mediation, eighth graders