PUBLIC RELATIONS MANAGEMENT AT PUBLIC RELATIONS OFFICE OF KLATEN IN CARRYING OUT THE DUTIES
IKA SEPTIANI, Drs. Winarto, M.M.Par.
2019 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISDunia kehumasan merupakan dunia yang penuh persiapan. Aktivitas didalamnya jelas tidak sama dengan aktivitas yang bersifat insidental. Diperlukan sebuah usaha terencana yang dikerjakan secara berkesinambungan dan dievaluasi secara matang. Hal ini selaras dengan tugas akhir yang disusun penulis dengan tujuan untuk membahas manajemen kehumasan bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten beserta penjelasan sub-bagian, cara kerjanya sebagai penyebarluas informasi Kabupaten Klaten dengan berdasarkan pada lima fungsi manajemen menurut Henry Fayol yaitu Planning, Organizing, Commanding, dan Coordinating. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah partisipan langsung melalui program magang dari 11 Februari hingga 12 April 2019 di kantor Humas Setda Klaten. Selain itu penulis juga melakukan wawancara dengan kepala sub-bagian humas, staff serta membaca beberapa buku, artikel dan jurnal mengenai kehumasan sebagai studi pustaka. Data yang digunakan dikelompokkan sesuai objektif dan disajikan secara detail dengan pendekatan studi deskriptif. Hasil observasi dan wawancara dijadikan penulis sebagai informasi yang akurat dan mendasar terkait aktivitas di Humas Setda Klaten sedangkan studi perpustakaan digunakan untuk mengeksplorasi tinjauan teoritis dan hasil lainnya. Pada akhirnya, hasil penelitian ini memberikan informasi mengenai manajemen kehumasan yang efektif bagi bagian Humas Setda Klaten pada 3 sub-bagian yang ada yaitu Pengembangan Informasi dan Publikasi, Analisis Kemitraan Media dan Protokol. Dengan adanya manajemen kehumasan yang baik diharapkan bisa terselenggaranya kinerja humas yang profesional sebagai humas pemerintahan.
Public relations is one of field which needs a lot of preparation. The activity inside public relations is totally different with incidental activities. It needs a properly constructed plan that is done continuosly with an optimal evaluation. This aspect aligns with the graduation paper written by the writer which discusses public relations management at Public Relations Office of Klaten Regional Secretariat along with an explanation of the sub-divisions and how they work in broadcasting information in Klaten Regency government based on five management functions according to Henry Fayol namely Planning, Organizing, Commanding, and Coordinating. Data were collected by the writer through a participant observation by having an internship in public relations of Klaten City since 11st February untill 12th April 2019. The writer also did an interview with the head of sub-division and staffs. Then the writer read several books, articles and journals about public relations in her library study. The data were classified objectively and presented in details with descriptive study approach. Observation and interview were used for the most basic and precise information about the activity in public relations of Klaten City whereas the library study is used to explore the previous theoretical reviews and other results. In the end, the results of this study provide an information on effective public relations management for the Public Relations Office of Klaten within 3 sub divisions, namely Publication and Information Manajemen, Media Partner and Protocol. The existence of good public relations management is expected to increase the performance of staffs as a government public relations.
Kata Kunci : Manajemen, Kehumasan, Pemerintahan, Informasi, Relasi