Sam Poo Kong Temple Semarang Tourism Promotion To Attract The Visitors
HELEN STEVANIE P, Drs.Winarto. M.M.Par,
2019 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISTugas akhir ini bertujuan untuk membahas profil Sam Poo Kong mulai dari sejarah, profil yayasan dan PT.Samudra Perkasa Kharisma. Selain itu, Tugas akhir ini juga akan membahas mengenai strategi promosi wisata dan acara-acara yang ada di Sam Poo Kong. Metode yang dilakukan penulis dalam penulisan tugas akhir ini meliputi wawancara dengan beberapa staf, serta membaca buku dan artikel dari internet sebagai studi pustaka. Data yang telah dikumpulkan disajikan kedalam secara detail dalam deskripsi menggunakan Bahasa Inggris dengan dukungan gambar atau foto. Metode yang dilakukan oleh penulis adalah dengan menjadi partisipan langsung melalui program magang dari 21 Januari hingga 30 Maret 2019 di Sam Poo Kong. Berdasarkan dari data yang terkumpul, strategi promosi wisata Sam Poo Kong dibagi menjadi 3 tahap, yaitu Tahap Penyusunan, Publikasi, dan Pemangku Kepentingan. Selain itu, acara yang ada di Sam Poo Kong terbagi menjadi 2 jenis, yaitu acara mingguan dan acara tahunan. Contohnya seperti acara-acara yang diadakan selama Februari 2019 di Sam Poo Kong yang termasuk kedalam acara mingguan dan acara tahunan. Dari tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa peran strategi promosi wisata ini sangatlah penting dalam menarik para wisatawan untuk datang ke Sam Poo Kong. Strategi-strategi ini sudah dilakukan dengan baik oleh Sam Poo Kong. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan di antaranya adalah pemanfaatan website Sam Poo Kong dan penggunaan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
This final paper aims to discuss the profile of Sam Poo Kong starting from history, also the foundation and PT.Samudra Perkasa Kharisma profiles. In addition, this final paper also discusses about tourism promotion strategies and the events held in Sam Poo Kong. Methods undertaken by the writer in writing this final paper are interview, and read books and articles on the internet as library study. The data collected are presented descriptively in English accompanied by images or photos. The method of data collection done by the writer is becoming a direct participant through internship program from January 21 until March 30, 2019 in Sam Poo Kong. Based on the data collected, Sam Poo Kong's tourism promotion strategy is divided into 3 stages such as setting the target market, publishing Sam Poo Kong to public, and looking for stakeholder. In addition, the event in Sam Poo Kong is divided into 2 types, namely weekly event and annual event. The examples are the events held during February 2019 in Sam Poo kong which are included in weekly event and annual event. This graduating paper concludes that tourism promotion strategy role is important to attract the visitors to come to Sam Poo Kong. These strategies are well organized by using Sam Poo Kong. However, there are some things that need improvement such as the use of Sam Poo Kong website and the use of foreign languages such as English and Chinese.
Kata Kunci : Strategi, Acara, Wisata, Sam Poo / Strategies, Events, Tourism, Sam Poo Kong