Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGINGAT TENGGAT WAKTU PEMBAYARAN HUTANG SECARA OTOMATIS BERBASIS WEBSITE PT. HEXINDO ADIPERKASA TBK.

HAFIZH ABDURRACHMAN MA`AS, Warsun Najib, S.T., M.Sc.;Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D.

2019 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Sistem penjadwalan merupakan sistem yang mampu melakukan suatu pekerjaan secara rutin pada waktu tertentu, seperti pengiriman informasi iklan dan pengingat tenggat waktu pembayaran. Sistem penjadwalan mampu mengurangi jenis pekerjaan yang bersifat manual, sehingga banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar. Akan tetapi masih terdapat beberapa perusahaan yang belum menggunakan sistem penjadwalan sehingga pihak perusahaan harus melakukan segala aktivitas secara manual seperti yang dialami oleh PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk. Perusahaan yang bergerak pada bidang penyediaan alat berat ini memiliki beberapa kendala seperti pencatatan pelanggan yang masih dilakukan dengan cara manual menggunakan spreadsheet dan terpusat di HO (Head Office) . Selain hal tersebut, proses pemberian informasi waktu tenggat pembayaran tagihan masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu memudahkan user dalam penyimpanan data pelanggan dengan lengkap, saling terintegrasi, dan memiliki hak akses dari masing-masing jabatan user. Selain itu, diperlukan fitur pengingat pembayaran tagihan kepada pelanggan secara otomatis dengan menggunakan sistem penjadwalan. Cronjob merupakan sistem penjadwalan otomatis yang tersedia pada layanan cloud hosting yang berfungsi sebagai sistem penjadwalan suatu script. Cronjob terdiri dari 2 bagian, yaitu waktu penjadwalan suatu fungsi dan lokasi direktori fungsi yang akan dijalankan. Aplikasi berbasis website ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Application Development). Metode RAD sangat tepat digunakan untuk jenis pengembangan yang dapat berubah secara signifikan dalam waktu yang singkat dan tidak membutuhkan jumlah anggota yang terlalu banyak. Pengujian fungsionalitas pada sistem dilakukan dengan mengunakan metode Black Box. Dengan adanya aplikasi ini user tidak perlu lagi mendatangi HO untuk melihat, menambah, menghapus, dan mengubah data pelanggan serta mampu memberikan informasi mengenai tenggat waktu pembayaran tagihan secara otomatis kepada pelanggan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu serta sumber daya yang diperlukan user baik dari sisi seller maupun supervisor dalam meningkatkan pelayanannya terhadap pelanggan.

Scheduling system is a system that provides routine work at certain times, such as sending advertising information and reminders of payment deadlines. The scheduling system can reduce the type of manual work, so it is widely used by several large companies. However, there are still some companies that have not used a scheduling system so that the company must do all activities such as those carried out by PT. Hexindo Adiperkasa, Tbk. The company is engaged in the provision of heavy equipment that has several collections such as recording tickets which are still done by manually using spreadsheets and are centralized in HO (Head Office). Besides this, the process of providing information on the deadline for payment is still done manually. Therefore, a system is needed that can facilitate users in storing data provided by customers, integrated with each other, and have access rights from each user's position. In addition, a automatic bill payment reminder feature is required by using a scheduling system. Cronjob is an automated scheduling system available on cloud hosting that runs a script scheduling system. Cronjob consists of 2 parts, namely the time scheduling a function and the location of the function directory that will be executed. This site-based application was developed using the RAD (Rapid Application Development) development method. The RAD method is very suitable for types of development that can change significantly in a short time and do not need too many members. Functional testing on the system is done by using the Black Box method. With this application, users no longer need to visit HO to view, add, evaluate, and change customer data and provide information about the deadline for paying bills to customers, can improve efficiency and save time and resources needed by users both from the seller and supervisor side in improving its service to customers.

Kata Kunci : Kata kunci : Website, Cronjob, Penjadwalan, Black Box, Pembayaran, Hutang

  1. S1-2019-385395-abstract.pdf  
  2. S1-2019-385395-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-385395-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-385395-title.pdf