Laporkan Masalah

ANALYSIS OF BUSINESS STRATEGY OF PT GARUDA INDONESIA IN OBTAINING SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE

Elsa Andriana Muljono, Supriyadi, Dr., M.Sc.

2008 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganaJisis strategi kompetisi dari suatu perusahaan dan melakukan identifikasi sumber-sumber yang dimiliki perusahaan tersebut yang dapat digunakan untuk meningkatkan basil dan pencapaian keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan melalui pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui proses wawancara dengan kepala cabang dan staf pemasaran dari PT. Garuda Indonesia di kantor cabang Yogyakarta. Data sekunder didapatkan dari data-data yang dimiliki oleh internal perusahaan seperti laporan perusahaan dan publikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber yang mempunyai nilai lebih atau keunggulan dari PT. Garuda Indonesia terletak pada kemampuan sumber day a manusia dan pengetahuan dari sumber daya manusia tersebut. Perusahaan menekankan strateginya dengan fokus kepada diferensiasi produk. Servis merupakan rantai nilai yang utama dari PT. Garuda Indonesia. lndustri penerbangan sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu harga minyak dunia dan pertumbuhan ekonomi global. Untuk dapat bertahan di dalam bisnis ini, penerbangan milik pemerintah sudah selayaknya untuk melakukan privatisasi dan strategi aliansi antar perusahaan penerbangan baik itu secara regional ataupun global. Privatisasi bertujuan untuk menarik injeksi modal dimana ini sangat diperlukan tidak hanya untuk mengurangi hutang dan pembayaran bunga tetapi juga menunjang rasionalisasi dan moderenisasi pesawat. Hal ini juga mengarah pada kultur yang berorientasi komersial di dalam perusahaan dan pencapaian efisiensi manajemen yang bebas dari intervensi pemerintah. Kata-kata kunci: keunggulan kompetitif, keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, indsutri penerbangan

This research aims at presenting an analysis of a company's competitive strategic and identifYing resources of a firm that would enhance business output and increase the chances in achieving sustainable competitive advantage. This is a qualitative research conducted through gathering primary and secondary data. The primary data is taken through interview with the general manager and marketing officers of PT. Garuda Indonesia in Yogyakarta branch office. The secondary data is gathered from internal data of the company such as the company' s reports and publications. The research finding shows that the most valueable resource of PT. Garuda Indonesia lays on its human re ource capabil ity and its knowledge. The company emphazises its strategy with focus on differentiate product. Service is its key value chain. The industry is highly influenced by two factors which are the oil price and the future growth in the world economy. In order to survive in this business, state-owned airlines need to go for privatization and strategic alliances among airlines either regional or g lobal. The privatization aims to attract the injection of new capital, which is needed not only to reduce debts and interest payments, but also to support fleet rationalization and modernization. It also leads to a more commercially-orientated culture within the airline, and to more efficient management free of government intervention. Keywor·ds: competitive advantage, sustainable competitive ad vantage, airlines indust1y

Kata Kunci : keunggulan kompetitif, keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, industri penerbangan

  1. S2-FEB-2008-Elsa_Andriana_Muljono_-_Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2008-Elsa_Andriana_Muljono_-_Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2008-Elsa_Andriana_Muljono_-_Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2008-Elsa_Andriana_Muljono_-_Title.pdf