RELEVANSI NILAI DARI STRATEGI COST LEADERSHIP
GRASIA WIEKE T, Singgih Wijayana, M.Si., Ph.D.
2019 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSITujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh tingkat cost leadership terkait relevansi nilai perusahaan terhadap harga saham dan return saham. Penelitian mengenai relevansi nilai akan menunjukkan perilaku angka-angka akuntansi dalam asosiasinya dengan nilai pasar saham. Perusahaan dalam meningkatkan nilai pasar saham menggunakan salah satu strategi yaitu cost leadership sebagai salah satu upaya perusahaan dengan cara menekan biaya. Perusahaan yang memiliki cost leadership di atas rata-rata diharapkan akan memberikan relevansi nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan cost leadership di bawah rata-rata sehingga memengaruhi harga saham dan return saham. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data sekunder yaitu berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur dan jasa non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 hingga 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cost leadership di atas rata-rata berasosiasi positif terhadap harga saham dan return saham, artinya dalam penelitian ini relevansi nilai pengaruh penggunaan strategi cost leadership di atas rata-rata akan direspon oleh pasar sehingga akan memengaruhi harga saham dan return saham. Semakin tinggi cost leadership yang dimiliki suatu perusahaan maka semakin tinggi tingkat laba perusahaan, dengan perusahaan menekan biaya maka meningkatkan laba perusahaan yang berdampak pada kemakmuran para penanam modal karena dengan laba yang tinggi berdampak pada kemampuan perusahaan untuk memberikan dividen yang lebih besar semakin tinggi.
The purpose of this study is to examine the effect of the cost leadership level related to the relevance of company values to stock prices and stock returns. Research on value relevance will show the behavior of accounting numbers in their association with stock market value. Companies increase stock market value using the cost leadership strategy as one of the company's efforts by reducing costs. Companies that have above-average cost leadership are expected to provide higher value relevance than the below average cost leadership, thus affecting stock prices and stock returns. This research uses quantitative methods with secondary data sources in the form of financial statements of non-financial manufacturing and service companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) from 2015 to 2017. The results of this study indicate that the above average cost leadership is positively associated with stock prices and stock returns, this means that in this research the value relevance of the influence in the using above average cost leadership strategy will be responded to by the market. so that it will affect stock prices and stock returns. The higher the cost leadership of a company, the higher the level of profit of the company will be, with companies that reduce costs, it will increase company profits that have an impact on the prosperity of investors, because high profits have an impact on the higher ability of companies to provide greater dividends.
Kata Kunci : relevansi nilai, cost leadership, harga saham, dan return saham.