Laporkan Masalah

EVALUASI IMPLEMENTASI SHARE SERVICES ORGANIZATION (SSO) PADA PT PERTAMINA HULU ENERGI STUDI KASUS DI FUNGSI KEUANGAN

TEESA INDARTINI P, Amin Wibowo,M.B.A., Ph.D.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Pertamina Hulu Energi atau lebih dikenal dengan PHE merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero). PT Pertamina Hulu Energi adalah perusahaan yang melakukan kegiatan eksplorasi untuk mencari dan meningkatkan cadangan minyak dan gas baru baik di dalam maupun luar negeri. Kunci keberhasilan PHE selama satu dekade ini salah satunya ada pada inovasi secara berkelanjutan. Inovasi menjadi sebuah keniscayaan lantaran aset yang dikelola PHE mayoritas berasal dari blok migas terminasi maupun hasil akuisisi. PHE mulai membangun Share Service Organization (SSO) pada tahun 2016. Dengan adanya SSO setiap anak perusahaan ada standar sistem dan kebijakan yang sama. SSO merupakan satu organisasi yang melayani beberapa unit/asset sekaligus sehingga tidak ada tumpang tindih pengelolaan kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan sebelum dan setelah melakukan implementasi Share Services Organization (SSO). Penelitian dilakukan dengan wawancara langsung dan mengolah data kuantitatif dari laporan keuangan perusahaan kemudian data penelitian yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan analisis balanced scorecard. Dari observasi dan pengumpulan data yang dilakukan, setelah implementasi SSO perusahaan menjadi lebih efisien dan terstandardisasi.

PT Pertamina Hulu Energi or better known as PHE is a subsidiary of PT Pertamina (Persero). PT Pertamina Hulu Energi is the company conducts exploration activities to locate and enhance the new oil and gas reserves both at domestic and overseas. The key to the success of PHE over the past decade has been one of continuous innovation. Innovation is a necessity because the majority of assets managed by PHE come from the oil and gas block termination and the acquisition. PHE began to build a Share Service Organization (SSO) in 2016. With the SSO, each subsidiary has the same system and policy standards. Organizations in each of the subsidiaries that were originally initially different can be leaner and use optimal human resources. SSO is an organization that serves several units / assets at once so that there is no overlap in management of activities. The purpose of this research was to determine how the company's performance before and after implementation of the Share Services Organization (SSO). The research was conducted by direct interviewing and processing quantitative data from the company's financial statements and the resulting research data were analyzed using balanced scorecard analysis. From observation and data collection, resulting that after SSO, companies become more efficient, standardized and increase the speed of work.

Kata Kunci : SSO, share service organization, efisien, strandardisasi, organisasi

  1. S2-2019-407281-abstract.pdf  
  2. S2-2019-407281-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-407281-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-407281-title.pdf