ANALISIS FAKTOR RISIKO PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTA
MAISA ARIANI, Prof. Ir. Sigit Priyanto, M.Sc., Ph.D. ; Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D.
2019 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiBerdasarkan data World Health Organization (WHO) tahun 2005 sebanyak 186.000 anak meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. Di wilayah DIY sebanyak 10-20% korban kecelakaan melibatkan anak yang berusia 5-15 tahun. Kota Yogyakarta merupakan salah satu wilayah dengan angka kecelakaan yang tergolong cukup tinggi terutama yang melibatkan anak dibawah umur. Banyak faktor yang dapat menyebabkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas pada anak, diantaranya adalah pengetahuan dan pengalaman anak yang minim serta kurangnya pengawasan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku disiplin berlalu lintas pada orang tua dan anak, mengidentifikasi tingkat faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan pada anak berdasarkan persepsi orang tua serta menganalisis pengaruh faktor-faktor risiko penyebab kecelakaan lalu lintas terhadap perilaku disiplin berlalu lintas pada orang tua dan anak untuk kemudian dapat disusun upaya peningkatan keselamatan lalu lintas pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, yaitu penelitian yang dilakukan dengan waktu bersamaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan total populasi siswa kelas IV, V dan VI sebanyak 467 siswa, diperoleh sampel sebanyak 216 orang tua sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada orang tua dan observasi lapangan. Wawancara dengan stakeholders dibutuhkan untuk upaya peningkatan keselamatan lalu lintas pada anak. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi binary logistik. Dari hasil analisis diketahui sebanyak 51% responden memiliki perilaku disiplin berlalu lintas dengan kategori rendah. Hasil uji chi-square menunjukkan variabel faktor lingkungan/jalan, faktor kendaraan dan faktor manusia memiliki hubungan yang bermakna dengan perilaku disiplin berlalu lintas pada orang tua dan anak. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara faktor lingkungan/jalan (Odds Ratio=2,109) dan faktor manusia (Odds Ratio=2,508) terhadap perilaku disiplin berlalu lintas pada orang tua dan anak, sedangkan faktor kendaraan (Odds Ratio=1,271) memiliki pengaruh namun tidak siginifikan. Dibutuhkan upaya untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas pada anak yang disusun melalui program dengan pendekatan engineering, education, enforcement, encouragement dan emergency preparedness and response.
According to WHO (2005), 186.000 children were died every year because of traffic accident. Specificly in Yogyakarta Special Region, about 10-20% of traffic accident victims are children on aged 5-15. Based on this fact, Yogyakarta is one of the city with high accident rate which children as victims. Many factors can lead to the risk of the occurrence of traffic accident in children, including the lack of knowledge and experience of children about traffic safety and lack of parental controls. This research aims to describe the behaviour of children and their parents while on road, identify parent������¢���¯���¿���½���¯���¿���½s perceptions of the level factors which can be the risk of causing an accident especially in children and also to analyze the influence of accident risk factors on traffic discipline behaviour in parents and their child, then prepared efforts to increase traffic safety for children. This research uses the cross sectional approach with purposive sampling to determine the samples. The number of repondents is 216 parents which is calculated from 467 of the total population of students in grades IV, V and VI. Data were collected by giving questionnaires to parents as respondents and observing the location of schools where respondents are selected. Additionally, an interview to stakeholders is conducted to comprehend the improvement of traffic safety for children. Furthermore, the data are analysed by using bivariate statistic with chi-square test and multivariate statistic with logistic binary regression. The result of the analysis showed that traffic behaviour of 51% of respondents are categorised as low. The chi-square test showed that several variables which are related to the traffic behaviour. They are road factor, vehicle factor and human factor. Using multivariate analysis, the most significant factors toward traffic behaviour are measured which are road environment factor (Odds Ratio=2,109) and human factor (Odds Ratio=2,508). On the other side, vehicle factor (Odds Ratio=1,271) is the least significant factor to the traffic behaviour. The effort of the improvement of traffic safety for children is made through a program which covers engineering, education, enforcement, encouragement and emergency preparedness and response approach.
Kata Kunci : perilaku disiplin berlalu lintas, faktor risiko penyebab kecelakaan, orang tua dan anak.