International Tourists Characteristics and Motivations of Cultural Tourism at Kampung Taman Yogyakarta
PRYTTA AFIFAH L, Dr. Tular Sudarmadi, M.A
2019 | Skripsi | S1 PARIWISATAWisata budaya adalah jenis pariwisata yang saat ini telah menjadi tren yang berkembang dalam bisnis pariwisata. Yogyakarta juga terkenal sebagai kota pendidikan dan tujuan wisata budaya terkemuka. Penelitian ini mengeksplorasi karakteristik dan motivasi wisatawan mancanegara sebagai indikator permintaan dan respons wisatawan terhadap atraksi wisata. Data yang dikumpulkan adalah dari wisatawan mancanegara (N=100) di Kampung Taman yang dikenal sebagai desa yang menjadi ikon penghasil batik di Yogyakarta dan menjadi bagian dari salah satu atraksi wisata terkenal di Yogyakarta yaitu Tamansari. Analisis karakteristik meliputi sosio-demografis, geografis dan psikografis. Analisis motivasi menggunakan skala penelitian motivasi berwisata dari Adina Negrusa dan Medet Yolal (2012). Data dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel 2013 dengan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa mayoritas wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kampung Taman adalah wisatawan berpendidikan tinggi pada usia 24-39 tahun. Secara geografis, wisatawan mancanegara yang mendominasi berasal dari benua Eropa. Mayoritas wisatawan mancanegara ini bekerja di perusahaan swasta dengan pendapatan bulanan rata-rata sebesar $1001- $3000. Motivasi dari wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kampung Taman dianalisis berdasarkan 1) alasan budaya; 2) alasan belajar; 3) alasan relaksasi; 4) mencari kesenangan dan hiburan; 5) mencoba pengalaman baru. Berdasarkan analisis dari faktor-faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kampung Taman sebagian besar didasarkan pada alasan budaya.
Cultural tourism has become a growing trend in travel business. Yogyakarta is also known as the city of education and prominent cultural tourism destination. This study explores the characteristics and motivations of international tourists as the indicator of tourist demand and response for tourist attraction. The data were collected from international tourists (N=100) in Kampung Taman which is known as the iconic village of Batik producer in Yogyakarta and one of the famous tourist attraction in Yogyakarta located in Tamansari. The characteristics analysis which covers socio-demographic, geographic and also psychographic. The motivation analysis use from previous travel motivation studies by Adina Negrusa and Medet Yolal (2012). The data is analyzed by using Microsoft Excel 2013 with descriptive analysis method. Based on the result of this research, it can be found that the majority of international tourists who visited Kampung Taman are high-educated tourists at the age of 25-39 years old. Geographically, the international tourists who dominate came from Europe. The majority of these international tourists works in a private company with the average monthly income in the amount of $1001-$3000. The motivation of international tourists visited Kampung Taman is analyzed based on 1) cultural reason; 2) learning reason; 3) relaxation reason; 4) pleasure-seeking and entertainment; 5) experience something new. According to the analysis from those factors, it can be concluded that the motivation of international tourists visiting Kampung Taman is predominantly based on cultural reason.
Kata Kunci : characteristics, motivation, tourist motivation, cultural tourism, Kampung Taman