FAKTOR KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS SEBAGAI PREDIKTOR PERILAKU MENYONTEK SISWA
Annisa Handayaningtyas , Bhina Patria, S.Psi., M.A., Dr. rer. pol.; Dr. Budi Andayani, MA; Rizqi Nur�aini A�yun
2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGISalah satu tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk membentuk karakter kejujuran dalam diri siswa. Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak kasus ketidakjujuran akademik yang dilakukan siswa, salah satunya perilaku menyontek. Studi ini berfokus pada peran faktor kepribadian conscientiousness terhadap perilaku menyontek siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran faktor kepribadian conscientiousness terhadap perilaku menyontek siswa. Hipotesis penelitian ini adalah faktor kepribadian conscientiousness dapat memprediksi perilaku menyontek siswa. Faktor kepribadian conscientiousness diukur menggunakan skala IPIP-50 dari Akhtar (2018) dengan mengambil 10 aitem conscientiousness, sedangkan perilaku menyontek diukur menggunakan skala yang disusun sendiri oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N A, SMA N B, dan SMA N C Yogyakarta (N=191). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa faktor kepribadian conscientiousness dapat memprediksi perilaku menyontek (R Square= 0,085; F= 17,468; t= -4,179; p<0,01). Faktor kepribadian conscientiousnessdapat mempengaruhi perilaku menyontek dengan variasi skor sebesar 8,5%, sedangkan 91,5% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Studi ini memberikan wawasan baru mengenai perilaku menyontek yang dapat diprediksi melalui faktor internal individu yaitu faktor kepribadian conscientiousness.
One of the national education goals is to build character of honesty among students. Nowadays, phenomenon of academic dishonesty occurs among students, one of which is cheating behavior. This study focuses on the role of conscientiousness personality factors in student cheating behavior. This research aims to knowing the role of conscientiousness personality factors on student cheating behavior. The hypothesis of this research is conscientiousness personality factors can predicts student cheating behavior. Conscientiousness personality factors were measured using the IPIP-50 scale from Akhtar (2018) by taking 10 items of conscientiousness, while cheating behavior was measured using a scale compiled by the researcher herself.The subjects in this study were grade XI students in SMA N A, SMA N B, and SMA N C Yogyakarta (N = 191). The results using simple linear regression analysis indicate that conscientiousness personality factors can predict cheating behavior (R Square= 0,085; F= 17,468; t= -4,179; p< 0,01). Conscientiousness personality factors can influence cheating behavior with a score variation of 8,5%, while 91.5% was determined by other variables not explained in this study. This study provides new insights regarding cheating behavior that can be predicted through individual internal factors, such as conscientiousness personality factors.
Kata Kunci : kepribadian, Big Five, faktor kepribadian conscientiousness, perilaku menyontek / personality, Big Five, conscientiousness personality factor, cheating behavior