ANALISIS PENERAPAN GREEN MANUFACTURING DALAM KAITANNYA DENGAN KEUNGGULAN STRATEGI MANAJEMEN Studi Kasus di PT Honda Prospect Motor
Eric Sutedja, John Suprihanto, Dr., MIM.
2008 | Tesis | Magister ManajemenPT. Honda Prospect Motor (HPM) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri otomotif dan perakitan mobil dengan merek Honda. PT. HPM yang berdiri sejak Maret 1999 merupakan perusahaan berstatus penanaman modal asing dengan komposisi pembagian modal yaitu Honda Motor Co. Ltd sebesar 51% dan PT. Prospect Motor sebesar 49%. Dalam menjalankan usahanya PT HPM menerapkan konsep sistem manajemen lingkungan dengan menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan, untuk mendukung aktivitas ramah lingkungan dan untuk memenangkan persaingan dengan produk sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan green manufacturing dalam mendukung keunggulan manajemen strategis di PT HPM serta untuk merumuskan strategi lingkungan yang patut dijalankan perusahaan untuk mempersiapkan diri dalam persaingan usaha industri otomotif di Asia Tenggara khususnya di Lndonesia. Didalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pengumpulan data primer melalui wawancara tidak terstruktur dan penelitian lapangan serta data sekunder melalui studi kepustakaan terhadap berbagai literatur dan data perusahaan yaitu laporan pencapaian target tahunan perusahaan. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah kebijakan lingkungan perusahaan telah menggambarkan dengan jelas bagaimana perusahaan berhubungan dengan lingkungan sehingga semua karyawan memahami apa yang harus dilakukan untuk mendukung kebijakan lingkungan yang sudah dicanangkan. Penetapan indikator yang telah ditetapkan oleh perusahaan dalam tujuannya untuk menciptakan green manufacturing di PT HPM telah mencangkup aktivitas strategis dan aktivitas operasional lingkungan termasuk tingkat efektivitas dan efisiensi perlindungan lingkungan serta pemantauan sasaran hasil lingkungan. Penerapan sistem manajemen terpadu tampak pada penerapan empat strategi utama yang mencangkup dimensi keuangan, kepuasan pelanggan, perbaikan sistem internal dan pelestarian lingkungan. Dalam menerapkan konsep green manufacturing di PT HPM, perusahaan melakukan enam tahapan kegiatan implementasi yaitu membuat kelompok dan menentukan pemegang saham, memformulasikan dan mengkomunikasikan kebijakan perusahaan, menentukan tujuan sesuai dengan kebijaksanaan lingkungan perusahaan, fokus pada sasaran, implementasi tindakan dan menetapkan prosuder untuk melanjutkan hasil pekerjaan. Keberhasilan kegiatan inplementasi diukur melalui evaluasi pencapaian aktual dari tujuan tahunan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kala kunci : Manajemen Strategis, Sistem Manajemen Lingkungan dan Keunggulan Bersaing
PT. Honda Prospect Motor (HPM) is a company operates in the field of automotive industry and car assembling with the brand of Honda. PT. HPM founded in March 1999, is a foreign capital investment company with share composition 51% Honda Motor Co. Ltd and 49% PT. Prospect. In implementing it's business, PT HPM applies environmental management system concept by creating friendly products of area, to support environmental friendliness activity and win competition with the same kind of product. The purposes of this research are to analyze application of green manufacturing concept in supporting excellences of strategic management in PT HPM and formulate company's environment strategy to compete with others industries automotive in South-East Asia especially in Indonesia. In this research, the writer applies descriptive research method with primary data collecting through unstructured interview and field study and secondary data through bibliography study to various literatures and company's data. Conclusions from this research are environmental policy of company has clearly depicted how company relate with others so that all employees comprehends what must be done to support the environmental policy defined. Indicators which has been specified by company to create green manufacturing in PT HPM has include both strategic activity and environmental operational activity, including level of effectiveness, environmental protection efficiency and environmental objectives observation. Integrated management systems apply with four main strategies includes standard dimension, customer satisfaction, repair of internal system and environment conservation. In applying green manufacturing concept in PT HPM, company does six phase of implementation that are create team and identify stakeholder, formulate and communicate policy, set objective, concretize the goals, action implementation and establish a procedure for continued work. The success of implementation is measured through evaluation of actual attainment from annual objective which has been specified by company. Keywords : Strategic Management, Environmental Management Systems and Competitive Advantage
Kata Kunci : Manajemen Strategis, Sistem Manajemen Lingkungan dan Keunggulan Bersaing