Analisis Stabilitas Lereng Batuan Ratu Boko Untuk Pengembangan Infrastruktur Berdasarkan Analisis Numeris Slide
DWITIKO WIBOWO, Dr. Ir. Ahmad Rifai, M.T ; Dr. Wahyu Wilopo, S.T, M.Eng
2019 | Tesis | MAGISTER TEKNIK SIPILDaerah Situs Istana Ratu Boko memiliki morfologi yang umumnya merupakan daerah berbukit yang ditandai dengan kontur yang rapat. Stabilitas lereng di daerah dapat berpengaruh, sehingga peluang pergerakan tanah di daerah tersebut akan meningkat. Karena pengembangan area parkir di Situs Ratu Boko, itu akan mempengaruhi Stabilitas Lereng. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengaruh pengembangan area parkir terhadap stabilitas lereng batu di Situs Ratu Boko. Lokasi penelitian terletak di lereng batu Ratu Boko, di mana bagian atas lereng tersebut dibangun Gedung Resto. Hasil investigasi lapangan dan uji laboratorium diinterpretasikan dengan analisis stabilitas lereng dengan metode kesetimbangan batas, analisis dilakukan untuk kondisi eksisting sebelum pendukung, perkuatan karena dilakukan beban statis dan dinamis dengan variasi PGA dari 0,15g, 0,20g, 0,25g, 0,30g, 0,35g hingga 0,40g. Hasil analisis kondisi eksisting dengan beban statik memiliki faktor keamanan 1,907 sedangkan beban dinamis dengan faktor keselamatan 1,727, 1,656, 1,545, 1,484, 1,370 dan 1,314. Kesimpulan dari hasil analisis yang diperoleh masih dalam kategori aman berdasarkan SNI 03-1962-1990.
The area of the Ratu Boko Palace Site has a morphology which is generally a hilly area characterized by tight contours. Slope stability in the area can be influential, so the chance of land movement in the area will increase. Due to parking area development at Ratu Boko Site, it will effect Slope Stability. The paper has objective to analysis and evaluate the effect of parking area development on rock slope stability of Ratu Boko Site. The research is located at Ratu Boko rock slope, which upper part of the slope is constructed Resto Building. The result of field investigation and laboratory test was interpreted with slope stability analyses by the limit equilibrium methods, the analysis was carried out for the existing before supporting conditions, the reinforcement because it was carried out both static and dynamic loads with variations of the PGA from 0.15g, 0.20g, 0.25g, 0.30g, 0.35g until 0.40g. The results of the analysis existing condition with static loads have safety factor 1.907 while those with dynamic loads a safety factor 1.727, 1.656, 1.545, 1.484, 1.370 and 1.314. The conclusion of the analysis results obtained is still in the safe category based on SNI 03-1962-1990.
Kata Kunci : Safety Factor, Slip surface, Limit Equilibrium Method