ANALISIS STRATEGI BERSAING PT. PERTAMINA PATRA NIAGA DALAM KEGIATAN NIAGA BBM PADA SEGMEN INDUSTRI
Iqbal, Bambang Riyanto LS, Prof., Dr., MBA., Ak., CA.
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Tujuan penelitian in iadalah mengevaluasi strategi PT Pertamina Patra Niaga dalam kegiatan niaga BBM untuk segmen industri, menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dihadapi serta merumuskan strategi bersaing PT Pertamina Patra Niaga yang sesuai dengan kondisi saat ini. Analisis dan pembahasan dengan menggunakan beberapa metode seperti Porter's Five Forces, Driving Forces, Key Success Factors, VRIN, dan analisa SWOT. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa PT Pertamina Patra Niaga memiliki kekuatan sarana dan fasilitas berupa jaringan pemasaran dan tangki penyimpanan BBM yang tersebar di seluruh Indonesia melalui fasilitas open access milik induk usaha, PT Pertamina (Persero). Namun kelemahan yang harus diperbaiki yaitu struktur harga yang tinggi, kemampuan untuk memiliki tangki penyimpanan mandiri, kecukupan modal dalam memberikan fasilitas kredit kepada konsumen, pelayanan kepada konsumen, serta kemampuan sumber daya manusia. Potensi kebutuhan BBM industri dan konsumen yang terus meningkat, kondisi ekonomi yang stabil dan terus tumbuh, merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh PT Pertamina Patra Niaga. Namun ancaman yang dihadapi adalah tingginya modal yang dibutuhkan serta tingkat persaingan yang tinggi di antara produsen dengan menawarkan persaingan harga yang ketat. Alternatif strategi yang yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan efisiensi ketat di semua lini dan fungsi, pemanfaatan alokasi pinjaman melalui global bond induk usaha, peningkatan laayanan sampai ke konsumen agen/distributor, serta pengembangan kemampuan karyawan. Untuk mendukung strategi tersebut perlu dilakukan evaluasi yang berkelanjutan terhadap strategi yang dijalankan.
The purpose of this research are evaluating PT Pertamina Patra Niaga strategy in the BBM trading activities specially for industrial segment, analyzing strengths and weaknesses as well as the opportunities and threats faced and formulating competitive strategy of PT Pertamina Patra Niaga in accordance with current conditions. Analysis and discussion using several methods such as Porter 's Five Forces, Driving Forces, Key Success Factors, VRIN, and SWOT analysis. The strength of PT Pertamina Patra Niaga are marketing networks and fuel storage tanks that are spread throughout Indonesia through the parent company's open access facility, PT Pertamina (Persero). The company needs to improve for covering the weakness such as high selling price structure, the ability to have a self-storage tank, capital adequacy in providing credit payment facilities to consumers, service to consumers, and human resource capabilities. Increasing consumer fuel needs and growing economic conditions are the opportunities that can be utilized by PT Pertamina Patra Niaga. The strongest threats are high capital needed and the competition among producers by offering tight price competition. The alternative strategy that can be done is by implementing strict efficiency on all lines and functions, utilizing loan allocations through the parent company's global bonds, increasing services to agent/distributor's consumers, and developing employee capabilities. To support this strategy, it is necessary to carry out a continuous evaluation of the strategy implemented.
Kata Kunci : Persaingan, strategi, Porter's Five Forces, Driving Forces, Key Success Factors, VRIN, analisa SWOT, global bond