Laporkan Masalah

RENCANA BISNIS NARISCA SPREI

Khristianus Kasjum, Bayu Sutikno, SE., Cand.Merc., PhD.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bergerak sangat pesat ditandai dengan perkembangan pengguna internet yang terus meningkat, terutama pada sektor komunikasi dalam bentuk media sosial serta sektor perdagangan dalam bentuk daring Sejalan dengan itu industri textile pun terus menunjukkan pertumbuhan ditandai dengan investasi tekstil di Indonesia meroket hingga 68%. Salah satu bisnis tekstil yang berkembang ialah bisnis penjualan produk bedding yang ditandai dengan beberapa pelaku bisnis produk bedding dengan omset hingga ratusan juta setiap bulannya seperti Bunga Bed Sheets, Smothy Sprei House, Dilla Shop. Dari kedua data eksternal tersebut, tercipta suatu peluang bisnis dengan menggabungkan teknologi informasi berupa penjualan secara daring untuk menjual produk-produk bedding dengan memberikan nilai tambah tersendiri dibandingkan dengan kompetitor lain. Perancanaan model bisnis Narisca Sprei ini dilakukan dengan menggunakan website www.nariscasprei.com. Dari hasil observasi, wawancara dan survei yang dilakukan menunjukkan bahwa produk-produk bedding dengan kualitas terjamin, jenis yang beragam, fitur kustomisasi yang dikemas dalam bentuk website yang user friendly, aman dan nyaman dalam bertransaksi menjadi solusi bukan hanya bagi para pelanggan tapi juga bagi para pelaku bisnis sebagai tambahan penghasilan yang menjanjikan tanpa diperlukan modal yang besar. Dengan nilai investasi awal sebesar Rp 301.607.300 dan asumsi pertumbuhan penjualan moderat sebesar 7,5% per tahun Narisca Sprei akan memperoleh rata-rata laba sebesar 11,81 % per tahunnya dengan nilai NPV sebesar Rp 655.954.895 , IRR 85,45%, PP 1,18 dan PI 4,84 pada akhir tahun ke lima. Dan dari hasil analisis menggunakan asumsi konservatif, hasil rata-rata laba yang diperoleh hingga akhir tahun kelima yakni sebesar 11,81%, dengan nilai NPV sebesar Rp 615.698.722, IRR 83,27%, PP 1,19 , PI 4,61. Sedangkan dengan asumsi optimis rata-rata laba yang diperoleh sebesar 15,32% dengan nilai NPV sebesar Rp 1.765.822.237, IRR 124,98%, PP 0,86, PI 7.

The development of information and communication technology is moving very rapidly marked by the growing development of internet users, especially in the communication sector in the form of social media and the trade sector in the form of daring. The textile industry continues to show marked growth with textile investment in Indonesia skyrocketing to 68% . One of the developing textile businesses is the bedding product sales business which is characterized by several bedding product businesses with a turnover of up to hundreds of millions each month such as Bungs Bed Sheets, Smothy Sprei House and Dilla Shop. Of the two external data, a business opportunity is created by combining information technology in the form of daring sales to sell bedding products by providing added value compared to other competitors. Narisca Sprei business model is run using the website www.nariscasprei.com. From the results of observations, interviews and surveys conducted shows that bedding products with guaranteed quality, diverse types, customization features that are packaged in the form of websites that are user friendly, safe and comfortable in making transactions are not only for customers but also for customers. business people as a promising additional income without the need for large capital. With the initial investment value of Rp 301,607,300 and the assumption of moderate sales growth of 7.5% per year. Narisca Sprei will obtain an average profit of 11.81% per year with an NPV value of Rp 655,954,895, IRR 85.45% , PP 1.18 and PI 4,84 at the end of the fifth year. And from the results of the analysis using pessimistic assumptions, the average profit obtained until the end of the fifth year is 11.81%, with an NPV value of Rp 615,698,722, IRR 83.27%, PP 1.19, PI 4.61 . Whereas with optimistic assumptions the average profit obtained is 15.32% with an NPV value of Rp. 1,765,822,237, IRR 124.98%, PP 0.86, PI 7.

Kata Kunci : rencana bisnis, bisnis kreatif, produk bedding, sprei, bedcover, narisca, business plan, creative business, bedding products, bed linen

  1. S2-2019-376654-abstract.pdf  
  2. S2-2019-376654-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-376654-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-376654-title.pdf