Laporkan Masalah

Analisis Strategi Bersaing PT Eka Mas Republik pada Industri Jasa Layanan Internet Fixed Broadband

Mulyawan R, Dr. Ertambang Nahartyo M.Sc., CMA., Ak., CA.

2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan internet tertinggi di dunia. Salah satu industri yang terdampak dari pertumbuhan internet ini adalah industri jasa layanan internet dengan menggunakan kabel atau fixed broadband. Selama bertahun-tahun, penguasa pasar di industri ini hanya berjumlah tiga perusahaan. Sementara itu permintaan atas jasa layanan internet fixed broadband mengalami pertumbuhan. Hal ini memberikan peluang untuk masuknya perusahaan baru ke dalam industri Salah satu perusahaan baru di industri, adalah PT Eka Mas Republik. Dengan membawa brand “MyRepublic”, PT Eka Mas Republik mulai beroperasi sejak tahun 2015. Sebagai perusahaan baru, PT Eka Mas Republik memiliki tantangan yang berat untuk menghadapi incumbent yang telah lama berada di industri. Pemilihan strategi yang baik dengan memanfaatkan sumber daya internal dapat menjadi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi PT Eka Mas Republik untuk menghadapi tekanan persaingan dalam industri. Penelitian dalam tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang diambil PT Eka Mas Republik dengan framework Five Generic Competitive Strategies. Analisis yang dilakukan meliputi analisis tekanan persaingan dan analisis kekuatan internal perusahaan. Analisis tekanan persaingan dilakukan dengan menggunakan framework Porter’s Five Forces, sedangkan analisis kekuatan internal perusahaan dilakukan dengan menggunakan VRIO. Hasil analisis tekanan persaingan menunjukkan bahwa persaingan di industri jasa layanan internet fixed broadband saat ini masih dalam kondisi sedang dan PT Eka Mas Republik memiliki sumber daya atau kapabilitas yang menjadi keunggulan kompetitif berkelanjutan dan memiliki sumber daya atau kapabilitas yang memiliki potensi untuk menjadi keunggulan kompetitif berkelanjutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi yang diambil PT Eka Mas Republik adalah Focused Low Cost. Penelitian ini juga memberikan saran bahwa PT Eka Mas Republik harus melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan sumber daya atau kapabilitas yang masih menjadi potensi menjadi sumber daya atau kapabilitas yang bersifat keunggulan kompetitif berkelanjutan

Indonesia is one of countries with the highest internet users growth in the world. One of the industry affected by the growth of the internet users is the industry of internet service using cable or fixed broadband. Over the years, there are only a few players in the industry. Meanwhile the demand for fixed broadband internet service always arise. This is an opportunity for new players to enter the industry One of the new players in the industry, are PT Eka Mas Republik. By carry the brand "MyRepublic", PT Eka Mas Republik began operations in 2015. As a new company, PT Eka Mas Republik has a tough challenge facing the incumbent who has long been in the industry. Selection of a good strategy by utilizing internal resources can be a sustainable competitive advantage for PT Eka Mas Republik to deal with competitive pressures in the industry. The research in this thesis aims to identify the strategies taken by PT Eka Mas Republik with the framework Five Generic Competitive Strategies. The analysis carried out include the competitive pressure analysis and internal strength analysis of the company. Competition pressure analysis is analyzed by using framework Porter's Five Forces, while the company's internal strength analysis is analyzed using VRIO. The results of the analysis of competitive pressures indicate that competition in the internet service industry at fixed broadband is currently in moderate condition and PT Eka Mas Republik has the resources or capabilities to be a competitive advantage that is sustainable and has the resources or capabilities that have the potential to become a sustainable competitive advantage. This study also shows that the strategy taken by PT Eka Mas Republik is Focused Low Cost. This study also suggests that PT Eka Mas Republik must take steps to increase its resources or capabilities that are still potential to be resources or capabilities that are sustainable competitive advantages.

Kata Kunci : Industri Jasa Layanan Internet Fixed Broadband, Five Generic Competitive Strategies, Porters Five Forces, VRIO

  1. S2-2019-376141-abstract.pdf  
  2. S2-2019-376141-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-376141-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-376141-title.pdf