PERENCANAAN BISNIS RUMAH JAHIT MADE BY MOM DENGAN PENDEKATAN ASPEK FUNGSIONAL SEBAGAI IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP
Danis Safitri, JOHN SUPRIHANTO,DR.,M.I.M.,
2019 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Bermula dari fenomena yang terjadi di lingkungan tepat tinggal penulis yang berada di Dusun Narogong Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor. Terdapat permasalahan yang dialami oleh perempuan berstatus sebagai pekerja dibidang garmen tentang perannya sebagai seorang ibu rumah tangga dan sebagai seorang pekerja dalam hal pembagian waktu. System shift kerja di industri garmen menyebabkan ibu rumah tangga tidak memiliki jadwal yang jelas bersama keluarga. Namun disisi lain, ibu rumah tangga tersebut butuh wadah yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan bagi keluarga dan sebagai tempat aktualisasi diri. Solusi yang dapat diberikan adalah membuat suatu bisnis rumah jahit yang berlokasi dekat dengan rumah tempat para perempuan tersebut tinggal. Dibentuk atas asas kebermanfaatan bagi sesama. Rumah jahit Made By Mom hadir sebagai wadah bagi masyarakat khususnya ibu rumah tangga dan remaja putri lulusan SMA dan SMK untuk tetap aktif berkarya, mengembagkan potensi, dan meningkatkan kesejahteraan diri dan lingkungannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara terstruktur, focus group discussion, studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Unit analisis penelitian meliputi usaha konveksi berskala mikro yang dikembangkan dengan konsep pemberdayaan masyarakat, ibu rumah tangga yang menjadi objek pemberdayaan, pihak pemerintahan daerah, serta pihak swasta. Pendapatan rumah jahit Made By Mom berasal dari jumlah produk yang dipesan dan jumlah produk private label yang terjual. Penulis menetapkan jumlah produk yang terjual sebagai variable dinamis sedangkan variable lainnya di asumsikan sebagai variabel tetap. Berdasarkan asumsi tersebut dilakukan 3 simulasi situasi bisnis yaitu situasi konservatif, moderat, dan optimis. Hasil dari ketiga situasi bisnis menunjukkan angka NPV yang lebih besar dari 0 dengan IRR lebih besar dari discount rate sebesar 11,4%. Berdasarkan hal tersebut maka perencanaan bisnis rumah jahit Made By Mom dinyatakan layak untuk dijalankan. Sebagai bisnis yang bermula dari bisnis berskala mikro, rumah jahit Made By Mom memiliki keinginan untuk dapat berkembang dan berkelanjutan. Diharapkan perkembangan bisnis rumah jahit Made By Mom akan berbanding lurus dengan besarnya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yang dijadikan sebagai objek pemberdayaan.
Starting from the phenomenon that occurred in the environment the writer lived in Dusun Narogong, Kecamatan Klapanunggal, Bogor. There are problems experienced by status women as garment workers about their role as housewives and as workers in terms of time sharing. System shift in the garment industry causes housewives have not a clear schedule with their families. But on the other hand, the housewife needs a place that can be used as a source of additional income for the family and as a place for self-actualization. The solution that can be given is to make a sewing house business located near the house where the women live. Formed on the principle of usefulness for others. Rumah jahit Made By Mom is a place for the community, especially housewives and young women, graduating from high school and vocational school to remain active in work, develop potential, and improve their welfare and environment. The method used is descriptive qualitative method using structured interviews, focus group discussion, literature study, observation, and documentation. The research analysis unit includes micro-scale convection businesses developed with the concept of community empowerment, housewives who are the object of empowerment, the regional government, and the private sector. Rumah jahit Made By Mom income comes from the number of products ordered and the number of private label products sold. The writer determines the number of products sold as dynamic variables while the other variables are assumed to be fixed variables. Based on these assumptions, 3 business situation simulations were carried out, namely a conservative, moderate and optimistic situation. The results of the three business situations show NPV values greater than 0 with IRR greater than the discount rate of 11.4%. Based on this, the planning of rumah jahit Made By Mom is declared feasible to run. As a business that starts from a micro-scale business, rumah jahit Made By Mom has a desire to grow and be sustainable. It is expected that the development of the rumah jahit Made By Mom business will be directly proportional to the magnitude of the benefits felt by the community as the object of empowerment.
Kata Kunci : Empowerment, home sewing, social entrepreneurship, business plan