PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENCEGAHAN KEJADIAN PNEUMONIA OLEH IBU
SHOLIKAH, Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari. M.Si, Ph.D.; dr. Rina Triasih, M.Med (Paed), Ph.D, Sp.A(K)
2019 | Tesis | MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKATLatar Belakang: Infeksi saluran pernapasan akut, khususnya pneumonia merupakan penyebab utama kesakitan dan kematian anak di bawah usia 5 tahun (balita) di dunia. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengurangi kejadian pneumonia adalah peningkatan pengetahuan ibu tentang pencegahan dan perawatan pneumonia. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian edukasi tentang pneumonia melalui metode diskusi kelompok terhadap tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan kejadian pneumonia oleh ibu. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experimental menggunakan pretest-posttest non equivalent control group design. Penelitian dilakukan di posyandu di wilayah kerja Puskesmas Ngemplak Kabupaten Boyolali, melibatkan 80 ibu dengan anak balita yang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Kelompok intervensi diberi edukasi tentang pneumonia melalui metode diskusi kelompok dengan media booklet, sedangkan kelompok kontrol diberi edukasi tanpa diskusi kelompok Teknik pengambilan sampel dilakukan secara consequtive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t test dan wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian : Hasil analisis statistik menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, dan perilaku pencegahan pneumonia oleh ibu setelah diberikan intervensi melalui metode diskusi kelompok yang signifikan. Pemberian edukasi menunjukkan perbedaan yang signifikan pada rerata sikap (pvalue : 0,00)dan perilaku (pvalue : 0,04) antara kelompok kontrol dan intervensi, namun tidak terdapat perbedaan variabel peningkatan rerata pengetahuan (pvalue : 0,57) Hambatan yang dialami oleh responden dalam melakukan perubahan perilaku berkaitan dengan perilaku asertif yang rendah dalam penurunan perilaku merokok di dalam rumah, membakar sampah, dan menghindari kontak dengan penderita lain. Kesimpulan : Pemberian edukasi melalui metode diskusi kelompok memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku pencegahan pneumonia oleh ibu. Booklet dapat dijadikan sebagai media edukasi yang efektif dalam pencegahan kejadian pneumonia oleh ibu.
Background: Acute respiratory infection (ARI), particularly pneumonia is the main leading cause of morbidity and mortality among children under fiveyears old. in the world. Health education is one of strategies to decrease pneumonia incidence by improving mothers knowledge about prevention of pneumonia. Objectives: The objective of this study was to analyze the impact of health education through group discussion method on mothers knowledge, attitude, and behavior in pneumonia prevention. Method: This study used a quantitative method with a quasi experimental design using pretest-posttest non equivalent control group design . The study conducted at posyandu Gagan and Sawahan Lor, Ngemplak Boyolali involving 80 mothers and children under five years. The samples were divided into intervention group and control group. The intervention group was given health education about pneumonia using booklet followed by group discussion, while the control group was given booklet about pneumonia without group discussion. The samples were selected through consequtive sampling technique. Data analysis was using the t test and Wilcoxon signed rank test. Result : Statistic analysis showed a significant increase on mothers knowledge and prevention behavior regarding pneumonia in intervention group. Health education had a significant difference in the average attitude (pvalue: 0.00) and behavior (pvalue: 0.04) between the control and intervention group, but there was no significant difference in knowledge (pvalue : 0.57). Respondents experienced some difficulties in behavioral changes that related to low assertive behavior in reduce smoking behavior at home, burning garbage, and avoiding contact with other ill children. Conclusion : Providing education through group discussion methods had a positive impact on improving maternal knowledge and behaviors regarding pneumonia. Booklet performed effectivenes as educational media in preventing the incidence of pneumonia.
Kata Kunci : pneumonia, pengetahuan, sikap, perilaku, knowledge, attitude, behavior