Laporkan Masalah

Model Bisnis Wisata Edukasi Omah Dage di Kota Purwokerto

MARCELLA RUTH S P, Nurul Indarti Sivilokonom, Cand Merc., Ph.D.

2019 | Tesis | Magister Manajemen

Omah Dage merupakan gabungan antara wisata edukasi, wisata kuliner, dan penjualan oleh-oleh yang berfokus pada inovasi produk dari makanan tradisional khas Banyumas yang bernama dage. Omah Dage memiliki potensi yang bagus untuk berkembang dilihat dari besarnya segmen pelanggan potensial peserta didik di Kabupaten Banyumas dan tren peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah Baturraden sebesar 15 persen per tahun. Omah Dage juga berupaya untuk memberdayakan pengrajin dage di Desa Ciberung dengan memberikan edukasi dan pelatihan yang nantinya akan meningkatkan keterampilan dan nilai jual produk dage yang dihasilkan para pengrajin dage tersebut Pendapatan Omah Dage berasal dari pemasukan pelanggan wisata edukasi, penjualan kuliner, dan penjualan oleh-oleh. Pelanggan wisata edukasi memiliki 3 pilihan paket wisata yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing pelanggan. Adapun produk kuliner dan oleh-oleh Omah Dage antara lain burger dage, nugget dage, sate lilit dage, dan olahan dage lainnya. Berdasarkan hasil perhitungan untuk analisis kelayakan pada skenario pesimis, normal, dan optimis, Omah Dage layak untuk dijalankan. Nilai NPV bernilai positif sebesar Rp 450.198.695,43, IRR yang dihasilkan sebesar 40 persen dan PP pada tahun ke-3 pada skenario normal.

Omah Dage is a combination of educational tourism, culinary tourism, and souvenir sales that focused on product innovation from Banyumas traditional food called dage. Omah Dage has a good potential to develop in terms of size of potential customer segments in Banyumas Regency and trend of increasing number of tourists visiting the Baturraden region by 15 percent per year. Omah Dage also seeks to empower dage craftsmen in Ciberung Village by providing education and training that will later improve their skills and selling value of the dage products which produced by the dage craftsmen. Omah Dage's revenue comes from customer income from educational tourism, culinary sales, and sales of souvenirs. Educational tourism customers have 3 choices of tour packages that can be chosen according to the wishes and needs of each customer. The Omah Dage culinary products and souvenirs include burger dage, dage nugget, lilit dage satay, and other dage products. Omah Dage is feasible to run based on the calculation results for the feasibility analysis in the pessimistic, normal and optimistic scenario. The NPV value is positive at Rp. 450.198.695,43, the IRR generated is 40 percent and PP in the third year in a normal scenario.

Kata Kunci : wisata edukasi,wisata kuliner,oleh-oleh,pemberdayaan,wisatawan,dage

  1. S2-2018-402257-abstract.pdf  
  2. S2-2018-402257-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-402257-title.pdf  
  4. S2-2019-402277-abstract.pdf  
  5. S2-2019-402277-bibliography.pdf  
  6. S2-2019-402277-tableofcontent.pdf  
  7. S2-2019-402277-title.pdf  
  8. S2-2019-402277-title.pdf.pdf