Laporkan Masalah

VALIDASI MODUL PROGRAM "GROWTH" UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI MENGERJAKAN TESIS

LATIFATUL LAILI, Dr. rer. pol. Bhina Patria, M.A.

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Prevalensi prokrastinasi akademik terbilang tinggi. Studi yang mengkaji intervensi untuk menurunkan prokrastinasi, khususnya dalam konteks mengerjakan tesis masih sangat terbatas. Penelitian ini berfokus pada validasi program GROWTH (Group for Writing Thesis) untuk menurunkan prokrastinasi mengerjakan tesis pada 20 mahasiswa (n= 20) Magister Psikologi. Penelitian dilakukan melalui metode kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design using a double pretest. Pengukuran kondisi partisipan sebelum dan setelah pemberian manipulasi dilakukan dengan menggunakan skala prokrastinasi mengerjakan tesis. Data dianalisis dengan menggunakan teknik ANOVA repeated measures. Hasil analisis menunjukkan penurunan skor prokrastinasi mengerjakan tesis secara signifikan setelah diberikan program GROWTH (F(1, 19) = 4,85, p<0,05, r = 0,45). Penurunan prokrastinasi mengerjakan tesis masih terjadi pada pengukuran follow up (F(1,19) = 8,55, p<0,05, r = 0,56) Kata kunci: Prokrastinasi mengerjakan tesis, Writing group, Support group, Intervensi

Procrastination is prevalent phenomenon in academic settings. However, research concerning its interventions is scarce. This study assessed the validity of GROWTH (Group for Writing Thesis) program module on reducing thesis procrastination. It was conducted on 20 graduate students of psychology through quasi experiment with one group pretest-posttest design using a double pretest. Thesis procrastination scale was used as research instruments and analyzed by ANOVA repeated measures. In conclusion, the study showed GROWTH intervention could decrease procrastination significantly (F(1, 19) = 4,85, p<0,05, r = 0,45) even after two weeks follow up (F(1,19) = 8,55, p<0,05, r = 0,56). Suggestion for further researchers are discussed. Keywords: Academic procrastination, Writing group, Support group, Intervention

Kata Kunci : Academic procrastination, Writing group, Support group, Intervention

  1. S2-2019-388703-abstract.pdf  
  2. S2-2019-388703-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-388703-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-388703-title.pdf