Laporkan Masalah

Hubungan Kemampuan Penalaran Akademik dengan Fungsi Eksekutif

SARAH NUR AFIFAH S, Wahyu Widhiarso, S. Psi, M. A.

2019 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Kemampuan penalaran akademik dan fungsi eksekutif merupakan kemampuan yang memiliki peranan penting dalam performa akademik individu. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan adanya interaksi antara kedua kemampuan ini, namun belum membahas hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran akademik dengan fungsi eksekutif. Partisipan penelitian ialah 257 remaja dengan usia 15 sampai 17 tahun dengan jenjang pendidikan SMA. Kemampuan penalaran diukur dengan menggunakan Tes Potensi Kognitif, dan fungsi eksekutif diukur menggunakan Ruff Figural Fluency Test (RFFT). Analisis utama yang digunakan untuk uji hipotesis ialah korelasi Product Moment Pearson. Penentuan signifikansi menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan penalaran akademik dengan fungsi eksekutif. RFFT (jawaban unik) dan Tes Potensi Kognitif berkorelasi positif signifikan dengan nilai sebesar 0,62 yang artinya keduanya memiliki hubungan yang sedang.

Academic reasoning and executive functions are abilities that have important role in individual academic performance. Some previous studies have shown an interaction between these two abilities, but the relationship between the two have not been discussed yet. This study aims to determine the relationship between academic reasoning and executive functions. Participants are 257 high school students aged between 15 to 17 years. Academic reasoning was assessed with Tes Potensi Kognitif, and executive functions was measured by Ruff Figural Fluency Test (RFFT). The main analysis used for hypothesis testing is Pearson Product Moment correlation. Determination of significance using a significance level of 0.05. The result shows that there is a relationship between academic reasoning and executive functions. RFFT (unique answers) and Tes Potensi Kognitif correlate significantly with a value of 0.62, which means that both have a moderate relationship.

Kata Kunci : academic reasoning, executive function, correlation, ruff figural fluency test, cognitive potential test

  1. S1-2019-334335-abstract.pdf  
  2. S1-2019-334335-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-334335-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-334335-title.pdf