Laporkan Masalah

KARYA LUKISAN UGY SUGIARTO DALAM PERSPEKTIF TEORI SIMBOL SUSANNE K. LANGER

VENSYSKA IMAGY REALINDA, Dr. Sudaryanto

2019 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Ugy Sugiarto adalah pelukis realisme kontemporer Indonesia dengan karakteristik berupa konsep plastik dan lumpur sebagai analogi sesuatu yang berlawanan dalam tradisi masyarakat di zaman modern. Figur manusia dalam setiap karyanya sebagian besar digambarkan terbelenggu oleh plastik sebagai simbol kuasa teknologi yang dibuat manusia itu sendiri. Pada karya yang lain, figur manusia yang berkubang dalam lumpur sebagai simbol tanah menandakan kembalinya manusia kepada kuasa alam. Penelitian ini berjudul Karya Lukisan Ugy Sugiarto dalam Perspektif Teori Simbol Susanne K. Langer dengan tujuan mengidentifikasi karakteristik lukisan Ugy Sugiarto, menjelaskan pemikiran kefilsafatan Susanne K. Langer mengenai teori seni dan teorinya tentang simbol, dan menganalisis konsep seni rupa Ugy Sugiarto dalam tinjauan teori simbol Susanne K. Langer. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data lapangan wawancara mendalam dengan narasumber informan dan kepustakaaan, serta analisis hasil dengan unsur-unsur metodis yaitu deskripsi, interpretasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menguraikan mengenai simbol visual Ugy yaitu plastik dan lumpur. Plastik diartikan sebagai teknologi manusia yang membahayakan lingkungan karena sifatnya yang susah terurai dengan tanah. Dalam arti lain, tanah diartikan sebagai sumber kehidupan manusia. Kedua, yaitu tentang pendapat Susanne K. Langer bahwa simbol-simbol seni khususnya pada lukisan, yang mana lebih bersifat presentasional yang dapat dimengerti secara menyeluruh dan tergantung konteks. Lukisan Ugy yang memperlihatkan konsep plastik dan lumpur ini memiliki makna yang berbeda dengan simbol bahasa. Simbol visual plastik dan lumpur dimaknai sebagai bentuk ekspresi atas respon lingkungan dan persoalan kemanusiaan yang mana plastik mewakili simbol material modern, serta lumpur yang dimaknai sebagai bentuk negasi dari plastik, yaitu sumber kehidupan manusia yang asali.

Ugy Sugiarto is an Indonesian realism contemporary painter who known with characteristics of plastic and mud concept as an analogy to something that is contrary to the tradition of society in modern age. The image human figure in each of his works is depicted slumped and shackled by plastic as a symbol of the technological power made by man himself. In other works, the human figure who wallow in the mud as a symbol of land signify the return of humans to natural power. This research is entitled Ugy Sugiarto's Painting in the Symbolic Perspective Susanne K. Langer which uses field and library research as method, and analyzing the results of methodical elements such as description, interpretation, internal coherence and reflection. This research is entitled Ugy Sugiarto's Painting in the Symbolic Perspective Susanne K. Langer with the aim of identifying the characteristics of Ugy Sugiarto's paintings, explaining Susanne K. Langer's philosophical thinking about art theory and his theory of symbols, and analyzing the art concept Ugy Sugiarto in reviewing Susanne's symbol theory K. Langer. This study uses the technique of collecting field data in-depth interviews with informants and literature sources, as well as analysis of results with methodical elements, namely description, interpretation, and reflection. The results of this study describe the Ugy visual symbols, namely plastic and mud. Plastic is defined as human technology which endangers the environment because it is difficult to decompose with soil. In another sense, land is defined as the source of human life. Second, that is about the opinion of Susanne K. Langer that art symbols, especially in paintings, which are more presentational, can be understood thoroughly and depend on context. Ugy's painting which shows the concept of plastic and mud has a different meaning from the language symbol. The visual plastic and mud symbol is interpreted as a form of expression on environmental response and humanitarian issues in which plastic represents a symbol of modern material, and mud is interpreted as a form of negation from plastic, namely the source of original human life.

Kata Kunci : seni rupa, Ugy Sugiarto, simbol seni, Susanne K. Langer/ fine art, Ugy Sugiarto, art symbol, Susanne K. Langer

  1. S1-2019-362469-title.pdf  
  2. S1-2019-362569-abstract.pdf  
  3. S1-2019-362569-bibliography.pdf  
  4. S1-2019-362569-tableofcontent.pdf