Laporkan Masalah

IMBAL BALIK PENDIDIKAN DI INDONESIA: BUKTI EMPIRIS DATA INDONESIAN FAMILY LIFE SURVEY

ANISA DIAN LARASATI, Eny Sulistyaningrum, S.E., M.A., Ph.D.

2018 | Skripsi | S1 ILMU EKONOMI

Skripsi ini membahas mengenai imbal balik pribadi dari investasi pendidikan yang dibagi ke dalam dua pembahasan utama. Pertama, skripsi ini fokus untuk melihat seberapa besar imbal balik pribadi dari investasi pendidikan di Indonesia menggunakan data panel IFLS 1 hingga IFLS 5. Kedua, skripsi ini fokus untuk melihat bagaimana tren dan besarnya imbal balik pribadi dari investasi pendidikan di Indonesia dari tahun 1993-2014 menggunakan data cross section IFLS setiap gelombang. Hasil estimasi pada model modal manusia Mincer (1974) memperlihatkan bahwa imbal balik pribadi dari investasi pendidikan di Indonesia pada kisaran 11,46% - 13,84% menggunakan metode Common Effect dan 16,55% - 23,31% menggunakan metode Common Effect-Instrumental Variable. Selain itu, hasil estimasi juga menunjukkan bahwa tren imbal balik pribadi dari investasi pendidikan di Indonesia dari tahun 1993-2014 semakin menurun dengan pola yang berbeda-beda antara metode Ordinary Least Square dan Instrumental Variable. Metode Instrumental Variable dipilih untuk mengatasi masalah endogentitas pada variabel pendidikan dengan variabel instrumen latar belakang keluarga yakni pendidikan orang tua.

This undergraduate thesis discusses the private return to education that divided into two main discussions. First, this writing focuses on examining the rate of return to education in Indonesia using IFLS 1 to IFLS 5 panel data. Second, this writing focuses on examining how the trend and the rate of return to education in Indonesia from 1993-2014 using IFLS cross section data for each wave. Estimation results on the human capital model Mincer (1974) show that private return to education in Indonesia in the range of 11,46% - 13,84% using Common Effect method and 16,55% - 23,31% using Common Effect-Instrumental Variables method. In addition, the estimation results also show that trend of private return to education in Indonesia from 1993-2014 has declined with different patterns between Ordinary Least Square and Instrumental Variables methods. The Instrumental Variable method was chosen to overcome the problem of endogeneity in education variable with family background, parental education, as variable instruments.

Kata Kunci : Kata kunci: modal manusia, imbal balik pribadi investasi pendidikan, tren. Keywords: human capital, private return to education, trend.

  1. S1-2018-363668-abstract.pdf  
  2. S1-2018-363668-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-363668-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-363668-title.pdf