Laporkan Masalah

Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kualitas Hubungan Persahabatan pada Remaja

PUTRI DAMAYANTI, Drs. Haryanto, M.Si.

2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kualitas hubungan persahabatan pada remaja secara empirik. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dan kualitas hubungan persahabatan pada remaja. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional seseorang, maka semakin tinggi pula kualitas persahabatan yang dimilikinya. Sebaliknya, semakin rendah tingkat kecerdasan emosional seseorang, maka semakin rendah pula kualitas persahabatan yang dimilikinya. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 15-17 tahun yang duduk di kelas X, XI, dan XII SMA. Skala yang digunakan untuk pengambilan data penelitian adalah Skala Kecerdasan Emosional yang disusun berdasarkan aspek-aspek kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman (2009) dan Skala Kualitas Hubungan Persahabatan yang diadaptasi dari McGill Friendship Questionnaire – Friendship Function (Aboud dan Mendelson, 2014). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment Pearson dengan menggunakan program komputer SPSS versi 19 untuk Windows. Hasil perhitungan statistik menunjukkan nilai korelasi r = 0,532 dan p = 0.000 atau p < 0.01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kualitas hubungan persahabatan.

This study aimed to determine whether there are any correlation between emotional intelligence and the quality of friendship relations in adolescence. The initial presumption put forward in this study is there is a positive correlation between emotional intelligence and the quality of friendship relations in adolescence. The higher emotional intelligence someone have, the higher their friendship quality. In the contrary, the lower emotional intelligence someone have, the lower their friendship quality. Ths study tooks 162 high school students (42 boys and 120 girls) aged 15-17 years. Measuring tools in this study are two scales that consists Emotional Intelligence Scale which is based on the aspects of emotional intelligence proposed by Goleman (2009) and Friendship Relations Quality which is adapted from McGill Friendship Questionnaire – Friendship Function (Aboud dan Mendelson, 2014). Data analysis method used in this study is Pearson product moment correlation analysis using computer program SPSS version 19 for Windows. The result indicate r = 0,532 and p = 0.000 or p < 0.01. This result shows that the initial presumption of this study is accepted, which means there is a positive correlation between emotional intelligence and the quality of friendship relations in adolescence.

Kata Kunci : kecerdasan emosional, kualitas persahabatan, remaja

  1. S1-2018-320148-abstract.pdf  
  2. S1-2018-320148-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-320148-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-320148-title.pdf