Laporkan Masalah

Analisis Parameter Latency pada Jaringan berbasis Controller Area Network (CAN) Bus dengan Transceiver dan Tanpa Transceiver

R M AFFAN BAGUS S, Dr. -Ing. Awang N. I. Wardana, S.T., M. T., M. Sc. ; Nazrul Effendy, S.T., M.T., Ph. D.

2018 | Skripsi | S1 TEKNIK FISIKA

Controller Area Network (CAN) Bus merupakan suatu protokol komunikasi data yang telah diimplementasikan di berbagai bidang, seperti industri otomotif, otomasi industri, otomasi bangunan, sampai kepada sistem kontrol non-industri. Dalam protokol CAN Bus, tiap node tersambung pada jaringan topologi jenis bus. CAN Bus memiliki keuntungan berupa kecepatan transmisi data yang tinggi, sistem pengkabelan yang lebih sederhana, juga tingkat kehandalan dan tingkat fleksibilitas dalam melakukan konfigurasi yang lebih tinggi. Jaringan komunikasi CAN Bus dapat dibangun dengan menggunakan transceiver dan tanpa transceiver. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa dari sistem jaringan komunikasi berbasis CAN Bus yang menggunakan transceiver dan tidak menggunakan transceiver, dievaluasi dari nilai latency kedua sistem dalam variasi panjang kabel bus, yang digunakan dalam komunikasi data antara node. Terdapat dua faktor pengujian, yaitu faktor komponen transceiver dan faktor variasi panjang kabel bus pada 50 m, 55 m, 60 m, 65 m, dan 70 m. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis data parameter latency adalah uji statistik Two-Way Mixed ANOVA dan uji kontras Tukey, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Uji Two-Way Mixed ANOVA memberikan tiga hasil P-value dari pengaruh transceiver, pengaruh variasi panjang kabel bus, serta interaksi dari keduanya, yaitu berturut-turut sebesar 0,0069, 0,0008, dan 0,0034. Hasil tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa komponen transceiver serta variasi panjang kabel mempengaruhi nilai latency sistem. Uji kontras Tukey memberikan hasil bahwa nilai parameter latency dari kedua sistem CAN Bus berbeda secara signifikan pada kabel bus sepanjang 65 m dan 70 m.

Controller Area Network (CAN) Bus is a communication protocol that has been implemented in various fields, from the automotive industry, industrial automation, building automation, to the non-industrial control system. In the CAN Bus protocol, each node is connected into the bus network topology. The advantages of using CAN Bus network are the high-speed data rate, significant reduction of wiring harness, and better configuration reliability and flexibility. CAN Bus protocol can be built with and without the transceiver component. This research was conducted to make analysis on the impact of the transceiver on the latency of the CAN Bus system, within the bus length variation. The transceiver and bus length variation were used as the factors of the statistical test that was conducted as the data analysis method in the research. The bus length varies from 50 m, 55 m, 60 m, 65 m, to 70 m. The Two-Way Mixed ANOVA and Tukey contrast test were used with significance level of 0.05. There are three results of the Two-Way Mixed ANOVA, showing that significant differences have occurred on the effect of the transceiver, the bus length variation, and interaction between them, giving P-value of 0.0069, 0.0008, and 0.0034 respectively. The result of the Tukey contrast test shows that the latency of both CAN Bus systems differs significantly on the 65 m and 70 m bus length.

Kata Kunci : CAN Bus, Communication Network, Bus Length Variation, Latency

  1. S1-2018-367412-abstract.pdf  
  2. S1-2018-367412-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-367412-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-367412-title.pdf