THE WAY IN WHICH INSTAGRAM MOTIVATES VISITORS TO VISIT DE MATA TRICK EYE MUSEUM
DOMINICA ATMA SWASTI, Popi Irawan, S.S., M.Sc
2018 | Skripsi | S1 PARIWISATAPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media sosial khususnya Instagram dapat memotivasi wisatawan untuk mengunjungi De Mata Trick Eye Museum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Data untuk penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada 100 orang responden yang merupakan pengunjung De Mata Trick Eye Museum. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa karakteristik sosial media yang bersifat menghubungkan para penggunanya, sebagai media penyebaran informasi, memungkinkan para penggunanya melakukan interaksi dan user-generated, mempengaruhi motivasi untuk mengunjungi De Mata Trick Eye Museum. Penggunaan Instagram mempengaruhi motivasi status dan prestise para wisatawan mengunjungi De Mata Trick Eye Museum. Dengan mengunjungi De Mata Trick Eye Museum, para pengguna Instagram dapat memperoleh konten yang menarik untuk di unggah di akun Instagramnya guna mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari para pengguna Instagram lainnya berupa like dan komentar.
This study aims to analyze how the use of social media, especially Instagram may motivates tourists or visitors to visit the De Mata Trick Eye Museum. This research uses descriptive-quantitative method. Data for this study were obtained through questionnaires and interviews. The questionnaire was distributed to 100 respondents who were visitors of De Mata Trick Eye Museum. Based on the results of the research, it was found that social media characteristics connecting its users, as a medium of information dissemination, allow its users to interact and user-generated, influence the motivation to visit De Mata Trick Eye Museum. Instagram usage affects the status and prestige motivation of the tourists visiting the De Mata Trick Eye Museum. By visiting the De Mata Trick Eye Museum, Instagram users can get interesting content to be uploaded on their Instagram account to gain recognition and appreciation from other Instagram users through likes and comments.
Kata Kunci : social media, Instagram, tourist motivation, influence