Laporkan Masalah

Aplikasi Konsep Event Management Pada Penyelenggaraan Konferensi Tahunan AAPA 2018 Oleh Departemen MKP

YANA DARMAWAN, Prof. Dr. Agus Pramusinto, MDA

2018 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini membahas aplikasi konsep event management pada sebuah penyelenggaraan konferensi yakni Konferensi Tahunan AAPA 2018 yang diselenggarakan oleh Departemen MKP, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada. Aplikasi konsep tersebut dianalisis menggunakan lima tahapan proses event management yaitu tahap riset, tahap desain, tahap perencanaan, tahap koordinasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat aplikasi proses event management di setiap tahapan. Selain itu juga digambarkan menggunakan contoh kasus yang ditemui di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan Konferensi Tahunan AAPA 2018 telah menggunakan konsep event management. Aplikasi konsep tersebut adalah pertama, tahap riset dilakukan dengan membentuk sebuah forum FGD untuk menentukan tema dan konsep acara. Kedua, tahap desain dilakukan dengan membentuk struktur kepanitiaan dan memetakan sasaran. Ketiga, tahap perencanaan dilakukan dengan membuat timeline kerja. Keempat, tahap koordinasi dilakukan dengan melaksanakan kegiatan konferensi yang telah direncanakan. Kelima, tahap evaluasi dilakukan dengan membuat sebuah laporan kegiatan. Faktor penghambat dan pendorong implementasi konsep event management dipengaruhi oleh kualitas SDM, beban kerja, analisis permasalahan, kemampuan komunikasi, dan koordinasi.

This study discusses the application of event management concepts at a conference which is Annual Conference of AAPA 2018 organized by the Department of MKP, Faculty of Social and Political Sciences, Gadjah Mada University. The application of the concept is analyzed using five stages of the event management process which consist of: research phase, design phase, planning stage, coordination phase, and evaluation phase. This research also identifies the factors driving and inhibiting the event management process at each stage, as well as explaining the examples of cases encountered in the field. The method used in this research is qualitative method with case study approach. The results of this study indicate that in the implementation of Annual Conference of AAPA 2018 has been using the concept of event management. First, the research phase is done by touching an FGD forum to determine the theme and concept of the event. Second, the design stage is done by forming the organizational structure and mapping the target. Third, the planning stage is done by creating a working timeline. Fourth, the coordination phase is carried out by conducting planned conference activities. Fifth, the evaluation phase is done by making an activity report. Inhibiting factors and drivers of the implementation of the event management concept are influenced by the quality of human resources, workload, problem analysis, communication skills, and coordination skills.

Kata Kunci : manajemen, event management, proses event management, konferensi

  1. S1-2018-349940-abstract.pdf  
  2. S1-2018-349940-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-349940-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-349940-title.pdf