Laporkan Masalah

MIND MAPPING METHOD TO IMPROVE STUDENTS' ENGLISH WRITING SKILL IN SMP NEGERI 1 BANGIL

ANISA LARA ARISKA, Dr. Endang Soelistiyowati, M.Pd

2018 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Saat ini bahasa Inggris telah memiliki peran yang sangat penting dalam semua aspek, terutama dalam aspek pendidikan. Dalam kurikulum pendidikan Indonesia, bahasa Inggris baru diajarkan saat SMP. Siswa harus mampu menguasai semua kemampuan dalam bahasa Inggris, yaitu menulis, berbicara, mendengarkan, dan membaca.Menulis dalam bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang sulit.Salah satu masalah yang sering dihadapi siswa saat menulis bahasa inggris adalah bagaimana membuat paragraf teks yang baik; dan hal ini juga dirasakan oleh siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Bangil. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi metode pemetaan pikiran (mind mapping) yang diyakini dapat membantu siswa dalam menulis teks recount. Teks recount dipilih untuk metode mind mapping karena merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa Inggris di kelas delapan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Riset perpustakaan dan beberapa studi empiris dilakukan, yaitu dengan pre-test dan post-test mengenai teks recount. Kuesioner juga digunakan untuk mengeksplorasi pemetaan pikiran yang dirasakan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa kelas 8B berdasarkan pre-tes 8B adalah 42.71 dan 8C adalah 41.06, itu berarti kemampuan siswa sangatlah buruk karena kurang dari 50. Kemampuan menulis 8B pada post-test adalah baik (72.29) sedangkan kemampuan siswa 8C cukup baik (64,70). Ini berarti bahwa metode pemetaan pikiran berhasil diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks recount.

Today English language has played a very important role in all aspects, especially in education aspect. In education curriculum of Indonesia, English is taught at Junior High School. Students should be able to perform all English skills, namely writing, speaking, listening, and reading. Writing is one of the most difficult skills to learn. One of the problems that students are facing in writing is how to make a good paragraph of text; and this applies the same to the eighth grades of SMP Negeri 1 Bangil. This study aims at portraying mind mapping method implementation which is believed to be able to help students in writing recount text. Recount text is chosen as a material for mind mapping method because it is one of the English lesson materials for the eighth grade. This study was a quantitative one. Library research and some empirical study were conducted, along with the pre-test and the post-test about recount text. The questionnaire was also used to explore the mind mapping that the students experience. The results of the study show that writing skill based on pre-test of 8B was 42.71 and 8C was 41.06, it means that students ability was very bad because it was less than 50. Writing ability of 8B on post-test is good (72.29) whereas the ability of 8C students was fair (64.70). It means that mind mapping method was successfully improved students' writing skill of recount text.

Kata Kunci : mind mapping, writing skill, recount text

  1. D3-2018-380279-abstract.pdf  
  2. D3-2018-380279-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-380279-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-380279-title.pdf