Laporkan Masalah

PENGARUH GETOK TULAR DARING, SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU YANG DIRASAKAN PADA NIAT BERWISATA KE YOGYAKARTA

BILLY HARYANTO, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.,Sc., Ph.D.

2018 | Skripsi | MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana pengaruh getok tular daring pada keputusan wisatawan untuk menentukan tujuan destinasi wisatanya. Penelitian ini menggunakan model Teori Perilaku Terencana untuk menguji pengaruh dari getok tular daring pada sikap, norma subjektif, dan niat berwisata. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen berusia 19 sampai 34 tahun dan berdomisili di Jawa yang aktif menggunakan media sosial dan memiliki pengalaman membaca atau melihat ulasan di media sosial tentang suatu wisata di Yogyakarta. Pengumpulan 210 respoden yang telah memenuhi kriteria tersebut dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan purposive sampling. Metode analisis data dilakukan dengan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa getok tular daring berpengaruh positif pada sikap, getok tular daring berpengaruh positif pada norma subjektif, getok tular daring berpengaruh positif pada kontrol perilaku yang dirasakan, dan getok tular daring berpengaruh positif pada niat berwisata, serta sikap dan norma subjektif juga memiliki pengaruh yang positif pada niat berwisata. Sedangkan kontrol perilaku yang dirasakan tidak berpengaruh pada niat berwisata.

This study aims to determine and measure the level of electronic word of mouth (eWOM) in influencing decision of tourists to choose their destination. This study uses the Theory of Planned Behavior model to examine the influences of eWOM on attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, and travel intention. Respondents in this study were consumers between 19 to 34 years old and domiciled in Java who are actively using social media and have experience of reviewing social media about tourism detination in Yogyakarta. 210 respondents who have met these criteria were collected by non-probability sampling method with purposive sampling. The method of data analysis has been done by simple linear regression and multiple linear regression test. The result of this study shows that electronic word of mouth has positive effect on attitude, electronic word of mouth has positive effect on subjective norm, electronic word of mouth has positive effect on perceived behavioral control, and electronic word of mouth has positive effect on intention to travel, subjective norm and attitude also have positive effect on intention to travel. In contrast, the perceived behavior control does not affect the intention to travel.

Kata Kunci : Getok Tular Daring, Teori Perilaku Terencana, Niat Berwisata, Media Sosial, Pariwisata

  1. S1-2018-315700-abstract.pdf  
  2. S1-2018-315700-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-315700-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-315700-title.pdf