EVALUASI KESUKSESAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENGADAAN LANGSUNG (SIMPEL) (STUDI PADA UNIVERSITAS GADJAH MADA)
Obed Rumpa, Sumiyana, Dr., M.Si., Ak., CA.,
2018 | Tesis | MAGISTER AKUNTANSIPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesuksesan penerapan sistem informasi manajemen pengadaan langsung (SIMPEL) pada Universitas Gadjah Mada. Penelitian ini menjadi penting karena SIMPEL telah diterapkan lebih dari lima tahun sehingga diperlukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan tujuh dimensi dari model kesuksesan sistem informasi DeLone dan Mclean dengan expectation confirmation model (ECM) untuk mengevaluasi kesuksesan penerapan SIMPEL. Dimensi tersebut yaitu system quality, information quality, service quality, perceived usefulness, confirmation, satisfaction, dan continuance intention. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan penerapan SIMPEL pada Universitas Gadjah Mada telah membantu pengguna dalam melaksanakan proses pengadaan langsung. Namun demikian, proses penyempurnaan terhadap aplikasi masih diperlukan untuk meminimalisir kendala yang masih dialami oleh pengguna.
This research was to evaluate the successful implementation of Direct Procurement Management Information System (SIMPEL) at Gadjah Mada University. This research is important as SIMPEL has been implemented for more than five years; thus, it needs evaluation. Seven dimensions of the DeLone and Mclean information system success model and the Expectation-Confirmation Model (ECM) were used to evaluate the successful implementation of SIMPEL. The dimensions are systems quality, information quality, service quality, perceived usefulness, confirmation, satisfaction, and continuance intention. This was a qualitative research with a case study approach. To collect data, interviews, observations, and document analyses were used. The results showed that, overall the implementation of SIMPEL at Gadjah Mada University has helped its users carry out direct procurement processes. Nevertheless, some improvement to its application is still needed to minimize obstacles experienced by the users.
Kata Kunci : Evaluasi, Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan Mclean, Expectation Confirmation Model (ECM), Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPEL), evaluation, DeLone and Mclean Information System Success Model, Expectation-Confirmation Model (EC