Laporkan Masalah

PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL OLEH ANAK TINGKAT SMP (STUDI KASUS SMP N 5 YOGYAKARTA)

JATMIKO HADI WIBOWO, Dr. Ir. Eko Nugroho, M.Si

2018 | Tesis | MAGISTER KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Anak usia 12-15 tahun merupakan pengguna pemula dari media digital. Hal itu terlihat dari tingkat penetrasi pengguna internet yang cukup tinggi pada anak usia tersebut. Jenjang usia itu di Indonesia adalah anak setingkat SMP. Siswa SMP di Indonesia sudah menggunakan gawai untuk keperluan sehari-hari. Pada era digital saat ini, para siswa SMP N 5 Yogyakarta juga menggunakan gawai untuk berbagai macam hal. SMP N 5 Yogyakarta juga memberikan fasilitas akses internet bagi para siswa di sekolah untuk penggunaan gawai pada waktu tertentu. Dari situ peneliti melihat apakah ada perbedaan pengggunaan gawai oleh siswa SMP N 5 Yogyakarta antara siswa peringkat atas dan bawah berdasarkan hasil penilaian akhir semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan alasan di atas peneliti tertarik untuk meneliti penggunaan gawai oleh anak tingkat SMP melalui studi kasus di SMP N 5 Yogyakarta. Penggunaan media digital pada anak dapat dilihat melalui tiga elemen yang terdiri dari children�s media use, children�s media consumption, dan children�s attitude, understanding, and experience. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bersifat deduktif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dari delapan siswa yang terdiri dari empat siswa kelas VII dan VIII. Hasil dari penelitian ini untuk children�s media use adalah rata-rata anak-anak menggunakan media digital 2-3 jam/hari dan akan lebih lama 1-2 jam di akhir pekan. Gawai favorit mereka adalah smartphone. Untuk children�s media consumption, anak-anak senang mengkonsumsi YouTube dibandingkan TV, Instagram adalah media sosial favorit anak-anak. anak-anak senang melakukan aktivitas kreatif berupa mengedit foto, dan games online kesukaan mereka adalah Mobile Legends. Terakhir terkait sikap, pemahaman, dan pengalaman, mereka tidak masalah berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal ketika bermain game. Hal yang paling tidak disukai ketika online adalah iklan, tetapi mereka memahami kenapa ada iklan.

Children age 12-15 years old are new users of digital media. In Indonesia they are the same as junior high school students. Students of SMP Negeri 5 Yogyakarta also use the device for various things. Schools provide internet access facilities for students at school. There are differences in the use of devices between top and bottom ranked students based on the assessment results of odd semester in the 2017/2018 academic year. The use of digital media in children can be seen through three elements consisting of children's media use, children's media consumption, and children's attitudes, understanding, and experience. The research method used in this research is deductive qualitative descriptive. Data collection was carried out by in-depth interviews of eight students consisting of four students in grades VII and VIII. The results of this study for children's media use are, the average screen time on digital media is 2-3 hours/day and will be 1-2 hours longer on weekends. Their favorite device is a smartphone. For children's media consumption, children like to consume YouTube rather than TV, Instagram is the most favorite social media for them, kids like to do creative activities in the form of photo editing, and their favorite online game is Mobile Legends. Finally, related to attitude, understanding and experience, they have no problem communicating with strangers while playing games. The most disliked thing when online is advertising, but they understand the function of advertisements

Kata Kunci : digital media; digital media use; penggunaan media digital; media digital

  1. S2-2018-389638-abstract.pdf  
  2. S2-2018-389638-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-389638-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-389638-title.pdf