STUDI KASUS STRATEGI PESAN DALAM KAMPANYE "ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN" OLEH ALIANSI LAKI-LAKI BARU MELALUI MEDIA ONLINE (WEBSITE, FACEBOOK, DAN TWITTER)
RR VEGASARI ADYA R, Budi Irawanto, M.A., Ph.D.
2018 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIKampanye sosial dengan melibatkan laki-laki dalam strategi kampanye tentang penghentian kekerasan terhadap perempuan menjadi sebuah inovasi yang sedang banyak digaungkan di dunia khususnya di Indonesia. Aliansi Laki-Laki Baru (ALB) merupakan gerakan laki-laki pro-feminis di Indonesia yang menggunakan strategi kampanye dengan komunikator laki-laki. Gerakan sosial baru ini mengajak laki-laki untuk berpartisipasi dalam menghentikan kekerasan terhadap perempuan. Strategi kampanye yang dilakukan ALB agar tepat sasaran adalah dengan menggunakan media online yaitu Website dan sosial media Facebook dan Twitter. Kepedulian pemuda dan remaja laki-laki inilah yang menjadi sasaran dari ALB mengingat mereka dianggap menjadi agen perubahan. Analisis strategi kampanye menggunakan teori strategi Ronald D. Smith. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif studi kasus dengan desain kasus tunggal holistik. Pengumpulan data dilakukan di Yogyakarta selama tiga bulan dengan wawancara mendalam pada empat informan ALB.
Social campaigns involving men in the campaign strategy on stopping violence against women become an innovation that is being widely promoted in the world, especially in Indonesia. The New Men's Alliance (ALB) is a pro-feminist men movement in Indonesia that uses campaign strategies by men communicators. This social movement invites men to participate in stopping violence against women. The campaign strategies performed by New Men's Alliance (ALB) are online media namely Website and social media like Facebook and Twitter. Young men and teenage boys are audiences target of this campaign because they are considered to be agents of change. Campaign strategy analysis in this research used the messages strategy theory by Ronald D. Smith. The research method used a qualitative case study approach with a single holistic case design. Primary data was obtained through an in-depth interview with four New Men's Alliance (ALB)'s activist. This research was conducted in Yogyakarta for three months.
Kata Kunci : Strategi kampanye, kampanye sosial, gerakan laki-laki, aliansi laki-laki baru, media online/ Campaign strategies, social campaigns, men movements, new men's alliance, online media