RESPON BELAJAR MAHASISWA HIGH ACHIEVER DAN LOW ACHIEVER TERHADAP OSCE NASIONAL
ATIK MAFTUHAH, Prof. dr. Ova Emilia, MMedEd., Sp.OG (K)., Ph.D.; dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd.,Ph.D
2018 | Tesis | MAGISTER ILMU PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN KESEHATANLatar belakang: Asesmen merupakan motivator yang kuat untuk mengarahkan mahasiswa dalam belajar. Namun, respon belajar mahasiswa dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis asesmen yang akan dihadapi. OSCE nasional sebagai salah satu asesmen sumatif yang bersifat high-stake berpotensi untuk memberikan dampak bagi pembelajaran (respon belajar) mahasiswa baik sebelum, selama, maupun sesudah ujian berlangsung. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon belajar mahasiswa high achiever dan low achiever terhadap OSCE nasional, dengan fokus pada respon belajar sebelum OSCE dan respon belajar sesudah OSCE. Metode: Penelitian ini mengikuti tiga tahap proses belajar mahasiswa yaitu sebelum OSCE, seusdah OSCE, dan sesudah mahasiswa menerima hasil dan umpan balik OSCE nasional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan metode cross sectional. Analisis komparasi Mann-Whitney U test digunakan untuk mengetahui perbedaan antara respon belajar mahasiswa high achiever dan low achiever sebelum dan sesudah OSCE nasional. Analisis komparasi Wilcoxon digunakan untuk mengetahui perbedaan efek umpan balik terhadap kepercayaan diri mahasiswa dalam aspek keterampilan klinis yang diujikan selama OSCE. Hasil: Mahasiswa high achiever memiliki respon belajar yang sama dengan mahasiswa low achiever dalam persiapan belajar sebelum OSCE UKMPPD, dengan kualitas belajar higher-level yang sedikit lebih tinggi dibandingkan lower-level dan mengupayakan usaha belajar melalui regulasi metakognitif dengan mengalokasikan waktu belajar yang banyak, memilih sumber belajar dan konten materi yang membantu belajar, mengadaptasikan strategi belajarnya sesuai monitoring yang dilakukan, dan menjaga konsistensi dalam belajar. Kedua kelompok juga sama-sama merasakan efek katalitik OSCE dan sangat menghargai umpan balik yang diberikan kepada mahasiswa. Kesimpulan: OSCE UKMPPD memberikan manfaat dan dampak positif bagi pembelajaran mahasiswa high achiever maupun low achiever baik sebelum dan sesudah ujian. Meskipun OSCE UKMPPD merupakan asesmen sumatif yang bersifat high-stakes, umpan balik OSCE tetap harus diberikan untuk memberikan manfaat pendidikan bagi mahasiswa.
Introduction : Assessment is a great motivator to guide students' learning. However, student learning responses can vary according to the type of assessment that will be faced. National OSCE as one of the high-stakes summative assessments has the potential impact on student learning (learning responses) either before, during, or after the exam. Objectives : This study aimed to know about high achiever and low achiever student's learning responses to national OSCE, focusing on their learning responses before OSCE and after OSCE. Method : The study followed the three stages of the student learning process, namely before OSCE, after the OSCE, and after students receive the results and feedback of the national OSCE. This study was a descriptive analytic study with cross sectional method. Mann-Whitney U test was used to test the difference between learning responses of high achiever and low achiever students before and after national OSCE. Wilcoxon's comparative analysis was used to determine differences in the effects of feedback on students' self-efficacy in 8 aspects of clinical skills tested during OSCE. Result : High achiever students have the same learning response as low achievers in the term exam preparation before national OSCE, with higher-level learning quality that is slightly higher than lower-level and strive to learn through metacognitive regulation by allocating a lot of learning time, choosing learning resources and material content that helps learning, adapting their learning strategies according to the monitoring carried out, and maintaining consistency in learning. Both groups also felt the catalytic effect of OSCE and greatly appreciated the feedback given to students. Conclusion : National OSCE provides positive benefits and impacts for student learning either high achiever and low achiever groups both before and after the exam. Although the national OSCE is a high-stakes sumative assessment, OSCE feedback must still be given to provide educational benefits for students.
Kata Kunci : respon belajar, dampak asesmen, OSCE, asesmen sumatif, umpan balik, high achiever, low achiever