HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL BIDANG MEREK DALAM PRAKTIK PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS PELAKSANAAN PERJANJIAN LISENSI MEREK CAP KAKI TIGA)
ARIEF RACHMAN HAKIM, Hariyanto, S.H.,M.Kn
2018 | Tesis | MAGISTER ILMU HUKUM (KAMPUS JAKARTA)Penelitian hukum ini untuk mengetahui dan menganalisa tentang hubungan hukum antara aturan dan konsepsi HKI bidang merek dengan Hukum Persaingan sebagaimana diatur dalam Pasal 50 huruf b Undang-Undang No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang dikaitkan dengan kasus pelaksanaan perjanjian lisensi merek cap kaki tiga serta menganalisis perlindungan hukum yang diberikan dari pendaftaran merek terhadap tindakan praktik persaingan usaha tidak sehat dalam bidang merek serta menganalisa mekanisme penyelesaian sengketa bagi para pihak dalam kasus perjanjian lisensi merek terhadap tindakan persaingan usaha tidak sehat. Penelitian hukum ini merupakan penelitian yuridis normatif, dalam penelitian ini Penulis menggunakan bahan-bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Hubungan hukum antara aturan dan konsepsi HKI bidang merek dengan Hukum Persaingan sebagaimana diatur dalam Pasal 50 huruf b Undang-Undang No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Kedua, domain hukum ini terlihat saling bertentangan satu sama lain namun sebenar nya kedua domain hukum ini bersifat komplementer dan saling mengisi satu sama lain untuk keharmonisan sistem hukum itu sendiri yakni efisiensi sistem perekonomian. Dengan menganalisis hubungan hukum antara konsepsi HKI bidang merek dengan hukum persaingan usaha dalam kasus perjanjian lisensi merek Cap Kaki tiga dan menganalisis perlindungan hukum yang diberikan dari pendaftaran merek terhadap tindakan praktik persaingan usaha tidak sehat dalam bidang merek serta menganalisa mekanisme penyelesaian sengketa bagi para pihak dalam kasus perjanjian lisensi merek terhadap tindakan persaingan usaha tidak sehat, dimana hal ini di harapkan agar kasus-kasus yang menyangkut perjanjian lisensi dapat berkurang. Oleh karena itu di dalam Tesis ini juga akan dibahas tentang studi kasus yang berhubungan dengan lisensi merek yaitu kasus perjanjian lisensi merek Cap Kaki Tiga dalam kaitan nya dengan praktik persaingan usaha tidak sehat.
The law study in this Thesis is aimed to provide knowledge and analyze about legal relationship between rule and conception of IPR of Trademark field with Competition Law as regulated in Article 50 letter b Act No. 5 of 1999 concerning the Prohibition of Monopolistic Practices and Unfair Business Competition in connection with the case of the implementation of the three-legged stamp licensing agreement and analyzing the legal protection provided by the registration of trademarks against unfair business competition practices in the brand field and analyzing dispute resolution mechanisms for the parties in the case of a brand licensing agreement against unfair business competition. This Thesis is a normative juridical research, in this study the author uses primary legal materials and secondary legal materials. Legal relationship between the rules and conception of IPR in the Trademark field with the Competition Law as regulated in Article 50 letter b of Law No. 5 of 1999 on Prohibition of Monopolistic Practices and Unfair Business Competition Secondly, these legal domains seem to contradict each other but actually these two legal domains are complementary and complement each other for the harmony of the legal system itself the efficiency of the economic system. By analyzing the legal relationship between the conception of IPR of the Trademark field and the law of business competition in the case of the Three Cap License brand license agreement and analyzing the legal protection provided from the trademark registration against unfair business competition practices in the brand field and analyzing the dispute settlement mechanism for the parties in the case brand licensing agreements against unfair business competition, where it is expected that cases concerning licensing agreements may be reduced. Therefore in this Thesis will also be discussed about case studies relating to the brand license that is the case of the license agreement of the brand Cap Kaki Tiga in relation to the practice of unfair business competition.
Kata Kunci : Trademark Rights, Licenses, Unfair Competition, Monopoly