CITRA DESTINASI PARIWISATA HALAL DALAM PERSPEKTIF FOTOGRAFI (STUDI KASUS DI PULAU LOMBOK)
ADHI YULIYANTO, Prof. DR. M. Baiquni, MA ; Dr. Ir. Djoko Wiyono., M.Arch.
2018 | Tesis | Magister Kajian PariwisataPenelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa jauh citra destinasi pariwisata halal dalam perspektif fotografi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Penyajian sebuah foto harus dapat mengkomunikasikan pesan yang efektif agar pesan tersebut dapat menjangkau target wisatawan. Respon wisatawan digunakan untuk mengukur konten sebuah foto destinasi pariwisata halal dari perspektif kebutuhan wisatawan. Respon praktisi fotografi digunakan untuk membuat penyajian foto dengan teknis tertentu kepada wisatawan tentang destinasi yang dikategorikan halal dengan segala kondisi, fasilitas, kehidupan sosial dan pelayanannya. Kedua respon tersebut digunakan untuk mencari foto yang paling sesuai berdasarkan keinginan wisatawan dan ketentuan teknis fotografi untuk kemudian dijadikan standar penciptaan dan penyajian foto untuk memperkuat citra destinasi pariwisata halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan wisatawan di lapangan dan praktisi fotografi, serta telaah dokumen baik secara digital maupun secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan wisatawan muslim yang datang ke destinasi pariwisata halal menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sehingga foto yang paling banyak diminati dan digunakan sebagai acuan bagi wisatawan adalah foto tentang amenitas dan kuliner yang ada di destinasi pariwisata halal dimaksud.
This research is aimed to get on how the image of the image of Halal tourism destinations can be applied properly in photography's perspective in Lombok, West Nusa Tenggara. Photos, which are shown, must be able to deliver an effective message in order to reach the target tourists. The tourists response is needed to measure the content of Halal tourism destinations photos from the tourist needs perspective. The photographer's response is applied to organize the photos exhibit by particular technique to the tourists about destination that is categorized Halal with its condition, situation, social life, and service. Both responses are used to determine the most suitable photo based on the tourist needs and the photography technique, which is later referred as the standard of photo creation and exhibition, in order to strengthten the image of Halal tourism destinations. This research uses qualitative approach with case study method. Data analyzed is the result of the interview to the tourists and the photographers, also from digital and direct documents analysis. The result of this research shows that the fulfillment of moslem tourist needs, who travel to the Halal destinations, becomes the important factor. This can be concluded that the photos, which are enjoyed and used most by the tourist, are about amenities and culinary found in the intended Halal tourism destinations.
Kata Kunci : Destinasi pariwisata halal, fotografi, foto destinasi pariwisata, citra destinasi pariwisata halal.