Laporkan Masalah

PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK KERIPIK PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN METODE VALUE ENGINEERING DI PT KEPURUN PAWANA INDONESIA KLATEN, JAWA TENGAH

RIZKY ACHLISYA K, Satria Bhirawa Anoraga, S.T.P., MSc

2018 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI

Kemasan menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjaga mutu produk dan kemasan juga mempunyai daya tarik tersendiri dimata konsumen. Kemasan keripik pisang PT. Kepurun Pawana Indonesia saat ini belum memenuhi peraturan undang-undang kemasan pangan yang berlaku, terlebih lagi penggunaan kemasan yang belum menarik dimata konsumen dan tidak menampilkan informasi produk secara lebih detail. Oleh karena itu, penelitian ini akan mencoba untuk menganalisis desain kemasan keripik pisang saat ini dan kemudian dikembangkan sesuai dengan keinginan konsumen serta memiliki harga yang terjangkau. Penelitian ini menggunakan metode Value Engineering untuk menganalisis dan memunculkan alternatif konsep pengembangan desain kemasan. Tahapan yang dilakukan mengikuti tahapan yang ada pada metode Value Engineering yaitu tahap informasi, kreativitas, analisis, dan pengembangan. Dari hasil penelitian diperoleh 3 alternatif konsep kemasan keripik pisang. Selanjutnya melalui pengujian perfomansi dan perbandingan nilai atau value tertinggi yang dihasilkan akan dipilih alternatif terbaik. Dengan demikian, akan diperoleh desain kemasan yang ekonomis tanpa mengurangi penilaian keinginan konsumen. Konsep pilihan terbaik yaitu konsep kedua dengan nilai atau value sebesar 1,88.

Packaging is a crucial parts in preserving the product quality. Packaging also has its own charms in the consumers. The packaging of banana chips manufactured by PT. Kepurun Pawana Indonesia so far has not fulfilled the prevailing regulations regarding food packaging, it also has not appealing enough to the consumers and does not provide detailed product information. Thus, this research will attempt to analyze the packaging design of this banana chips and develop them according to the consumers wants with affordable price. This research employs the Value Engineering method to analyze and provide the alternatives of the packaging design concept. The steps are done following the existing steps in the Value Engineering method which are information, creativity, analysis, and development. From the result of the research, obtained three alternative concepts of the banana chips packaging. Furthermore, through the performance testing and comparison of the highest value generated, the best alternative will be selected. Thus, an economical packaging design without reducing the assessment of the consumers wants will be obtained. The best concept is the second concept with a value of 1.88.

Kata Kunci : Desain, Kemasan, Value Engineering, Keripik Pisang

  1. D3-2018-384336-abstract.pdf  
  2. D3-2018-384336-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-384336-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-384336-title.pdf