Laporkan Masalah

TUGAS AKHIR METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEMARANG-SOLO, SEKSI 4 RUAS SALATIGA-KARTASURA JETIS-PAYUNGAN (STA.54+195-STA.55+295)

RISMA AGUSTINA F, Ir. Heru Budi Utomo, MT

2018 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPIL

Jalan tol merupakan salah satu alternatif yang digunakan untuk mengatasi kemacetan yang semakin meningkat di Indonsia. Proyek pembangunan jalan tol semakin ditingkatkan guna mengimbangi pergerakan masyarakat yang selalu mengalami perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Jalan tol Semarang-Solo seksi 4, merupakan jalan tol yang menghubungan ruas Salatiga menuju Kartasura. Proses konstruksi jalan tol Semarang-Solo seksi 4 menggunakan perkerasan kaku. Tujuan studi kasus pada proyek pembangunan jalan tol ini adalah untuk mengetahui metode pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku. pada Sta.54+195-54+295, menganalisis pengujian dalam pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku yang meliputi pengujian DCP, sand cone, speedy test, CBR lapangan, dan kuat karakteristik beton lean concrete (LC) yang menggunakan mutu beton Kelas E (K-125), perkerasan kaku menggunakan mutu beton Kelas P (Fs=45). Berdasarkan analisis pengujian dalam pelaksanaan pekerjaan perkerasan kaku, semua pengujiannya telah memenuhi persyaratan dan tahapan pelaksanaan pekerjaan juga sudah sesuai dengan spesifikasi yang disyaratkan.

Toll road is one of the alternative routes which is used to overcome the increase of congestion in Indonesia. The development project of toll road are increase to reduce the traveller. The Semarang-Solo toll road section 4 is a routes that will connect Salatiga to Kartasura. The construction process of Semarang-Solo toll road sections 4 is used a rigid pavement method. This case study is aimed to know the implementation of working rigid pavement method in Sta.54+195-54+295. Then, to analyse the testing in rigid pavement method which includes DCP testing, sand cone, speedy test, CBR field and strong characteristic of concrete lean concrete (LC) which is used the quality of concrete in E class (K-125), the rigid pavement used the quality of concrete in P class (Fs=45). Based on the analysis of testing in the implementation of working rigid pavement method, all the testing has been fulfil of the requirements and the phase is in accordance with the specifications of requisite.

Kata Kunci : metode pelaksanaan, perkerasan kaku, DCP, sand cone, speedy test, CBR lapangan, kuat karakteristik beton / implementation of method, rigid pavement, DCP, sand cone, speedy test, CBR field, strong characteristic of concrete.

  1. D3-2018-380843-abstract.pdf  
  2. D3-2018-380843-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-380843-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-380843-title.pdf