Laporkan Masalah

UJI KELAIKAN FUNGSI JALAN DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS Studi Kasus: Ruas Jalan Nasional Kartasura-Boyolali KM SLO. 11+080 - KM SLO. 17+600, Jawa Tengah

HANGGANA PRAYUDA BAKTI, Ir. Djoko Murwono, M.Sc.

2018 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Jalan sebagai bagian sistem transportasi nasional berperan penting terutama dalam mendukung bidang ekonomi, sosial dan budaya serta lingkungan. Untuk menentukan jalan tersebut laik untuk digunakan, sebelum dioperasikan jalan tersebut harus diuji kelaikannya sesuai dengan peraturan yang ada. Uji kelaikan jalan untuk jalan yang sudah beroperasi dilakukan berkala paling lama 10 tahun dan/atau sesuai kebutuhannya. Penelitian dilakukan dengan survei kondisi eksisting dengan memperhatikan aspek teknis yang berupa (1) teknis geometrik jalan; (2) teknis struktur perkerasan jalan; (3) teknis struktur bangunan pelengkap jalan; (4) teknis pemanfaatan ruang bagian-bagian jalan; (5) teknis rekayasa dan manajemen lalu lintas; (6) teknis perlengkapan jalan yang terkait langsung dengan pengguna jalan; (7) teknis perlengkapan jalan yang tidak terkait langsung dengan pengguna jalan. Penelitian ini dilakukan pada Ruas Jalan Nasional Kartasura-Boyolali KM SLO 11+080 - SLO 17+600. Jalan tersebut dibagi menjadi 3 segmen berdasarkan beberapa faktor di sekitar jalan. Berdasarkan hasil penelitian pada segmen-segmen yang ada, dapat diketahui bahwa Ruas Jalan Nasional Kartasura-Boyolali KM SLO 11+080 - SLO 17+600 memiliki kategori LS, yaitu laik fungsi disertai rekomendasi teknis. Rekomendasi teknis tersebut berupa perbaikan perlengkapan jalan serta perawatan berkala. Perawatan yang dimaksudkan adalah perbaikan-perbaikan prasarana transportasi yang dapat dilakukan tanpa mengganggu lalu-lintas jalan tersebut.

Roads as part of the national transportation system play an important role especially in supporting the economic, social and cultural and environmental sectors. To determine which road is eligible to be used, prior to operation of the road shall be tested for compliance in accordance with existing regulations. Roadworthiness test for roads that have been operated shall be periodical no more than 10 years and / or as required. The research was conducted by surveying the existing condition by taking into account technical aspects such as (1) technical geometric of roads; (2) technical structure of pavement; (3) technical building structure of roads complementary; (4) technical utilization of road parts; (5) technical traffic engineering and management; (6) technical road equipment directly related to road users; (7) technical road equipment indirectly related to road users. This research was conducted on Kartasura-Boyolali National Road Line KM SLO 11 + 080 - SLO 17 + 600. The road is divided into three segments based on several factors around. Based on the result of research on the existing segments, it can be seen that the Kartasura-Boyolali National Road Line KM SLO 11 + 080 - SLO 17 + 600 has LS feasibility category, which means it can be functional with technical recommendation. The technical recommendations include the improvement of road equipment and periodic maintenance. The intended maintenance is improvements of transportation infrastructure that can be done without disturbing roads traffic.

Kata Kunci : laik fungsi jalan, standar teknis, jalan nasional

  1. S1-2018-302086-abstract.pdf  
  2. S1-2018-302086-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-302086-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-302086-title.pdf