Metode Instalasi Dilatasi Sosrobahu Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated
YOGA ADI PRASETYO, Dr. Ir. Syaukat Ali, M.Si
2018 | Tugas Akhir | D3 TEKNIK SIPILPembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang terdapat pada median eksisting Jalan Tol Jakarta-Cikampek tentu saja membutuhkan lahan yang cukup luas pada saat pekerjaan pengecoran pier head. Namun pada proyek ini terdapat kendala yaitu padatnya arus lalu lintas pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya pekerjaan dengan metode konvensional, sehingga pekerjaan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated ini menggunakan metode Sosrobahu, yaitu teknik konstruksi yang digunakan untuk memutar lengan beton (pier head) jalan layang. Dengan metode ini, lengan beton jalan layang dibangun sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas jalanan di bawahnya. Salah satu pekerjaan dalam Metode Sosrobahu yaitu instalasi dilatasi. Dilatasi adalah pembatas antara pier dengan pier head untuk pengoperasian pemutaran pier head dengan metode Sosrobahu. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui dan menguraikan metode pelaksanaan instalasi dilatasi pada metode Sosrobahu. Metode pelaksanaan instalasi dilatasi terdiri dari pekerjaan marking, pekerjaan pemasangan dilatasi, dan pekerjaan pembongkaran dilatasi. Bahan yg digunakan sebagai dilatasi yaitu multiplek, lis multiplek, pasir kering, dan pelat baja. Hasil dari pengamatan ini yaitu apabila tebal dilatasi sesuai dengan spesifikasi yaitu 24 mm, maka sering terjadi bagian pier head yang menyentuh pier pada saat dilakukan pemutaran pier head, hal ini dikarenakan permukaan pier tidak rata pada saat dilakukan pekerjaan pemasangan dilatasi. Dan untuk menghindari terjadinya hal tersebut, maka pada saat pemasangan dilatasi menggunakan double stopper agar dilatasi lebih tebal dari spesifikasi.
The construction of Jakarta-Cikampek II Elevated Toll Road contained in the median of existing Jakarta-Cikampek Toll Road will of course require large enough area at the time of pier head casting work. However, in this project there are constraints, namely the heavy flow of traffic on the Jakarta-Cikampek Toll Road so it is impossible to carry out the work with conventional method, so that the construction work of Jakarta-Cikampek II Elevated Toll Road uses Sosrobahu method, which is a construction technique used to rotate the concrete arm (pier head) of the flyover. With this method, the flyover’s concrete arms are built parallel to the road below, and then rotated 90 ° so the construction does not disrupt the traffic flow of the road below it. One of the work in the Sosrobahu Method is the installation of dilatation. Dilatation is the divider between pier and pier head for the operation of pier head rotation with Sosrobahu method. The purpose of this observation is to know and describe the method of implementation of installation dilatation on the Sosrobahu method. The method of implementation from installation of dilatation is consists marking work, installation dilatation work, and demolition dilatation work. The material used as dilatation is multiplex, multiplex edges, dry sand, and steel plate. The result of this observation is that if the thickness of dilatation according to the specification is 24 mm, so the pier head that touches the pier during pier head rotation, this is because the pier surface is uneven when doing the installation dilatation work. And to avoid this happening, at the time of installation dilatation using double stopper to make the dilatation thicker than the specification.
Kata Kunci : Jalan Layang, Sosrobahu, Dilatasi, Metode Pelaksanaan