ANALISIS SWOT PADA PT. APLIKASI KARYA ANAK BANGSA (GO-JEK)
BAGAS FADHIL P, Dra. Neni Pancawati, M.Si.
2018 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMENStudi ini meneliti Analisis SWOT Produk pada PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) yang berasal dari faktor internal perusahaan, peluang (opportunity) dan ancaman (threat) yang berasal dari faktor eksternal perusahaan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara kepada 3 informan yang terdiri dari Manajer Representatif PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), Staf/karyawan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan Konsumen PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). Berdasarkan hasil penelitian, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) memiliki kekuatan (Strength) yang lebih besar dibandingkan kelemahan (weakness), dan memiliki peluang (opportunity) yang lebih besar pula dibandingkan ancaman (threat). Berdasarkan analisis tersebut, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) menempati diagram SWOT pada kuadran 1 yaitu SO (Strength Opportunity) sehingga perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan perusahaan dengan adanya peluang yang dimiliki dengan menggunakan strategi agresif.
This study examines SWOT Analysis Product In PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). The purpose of this research is to know SWOT Analysis consisting of strength and weakness which come from internal factor of company, opportunity and threat which come from external factor of company. In this research, the researcher used mtode interview to 3 informants consisting of Representative Manager PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), Staff /employees of PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) and Consumer PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek). Based on the results of the research, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) has strength is greater than weakness, and have a greater opportunity also greater than threat. Based on the analysis, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) occupies SWOT diagram at quadrant 1 that is SO (Strength Opportunity) so that company can maximize company strength with existence opportunity by using aggressive strategy
Kata Kunci : SWOT analysis, external internal environment, strength, weakness, opportunity and threat,