Laporkan Masalah

PROFIL PASIEN KEGAWATDARURATAN DENTAL DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSGM UGM PROF. SOEDOMO TAHUN 2014-2016

AFRIEN JEANURACITA P, drg. Poerwati Soetji Rahajoe, Sp.BM(K); drg. Yosaphat Bayu R., MDSc

2018 | Skripsi | S1 HIGIENE GIGI

Kegawatdaruratan dental merupakan permasalahan pada oral dan maksilofasial berupa kondisi akut atau restoratif dengan atau tanpa rasa nyeri yang membuat pasien merasa terganggu. Sejak tahun 2012, RSGM UGM Prof. Soedomo memiliki IGD 24 jam yang memberikan penanganan terhadap kondisi kegawatdarutan, terutama kegawatdaruratan dental. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pasien yang datang di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSGM UGM Prof. Soedomo tahun 2014-2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif retrospektif menggunakan data rekam medis pasien yang mengunjungi IGD RSGM UGM Prof. Soedomo periode tahun 2014-2016 yang memenuhi kriteria penelitian. Data yang dikumpulkan meliputi jumlah pasien, usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, waktu kunjungan, status pasien datang, kasus kegawatdaruratan dental, tingkat kegawatdaruratan, tindakan, dan jenis perawatan. Hasil menunjukkan bahwa jumlah pasien IGD RSGM UGM Prof. Soedomo mengalami peningkatan. Berdasarkan 197 data yang memenuhi kriteria, pasien lebih banyak perempuan (54,8%), rata-rata usia 26,53 tahun, serta tingkat pendidikan SMA (41,1%) dan Perguruan Tinggi (40,6%). Pasien yang datang sebagian besar adalah pasien mandiri (90,9%) dan kunjungan paling banyak terjadi pada hari libur (50,3%), diikuti oleh luar jam kerja (34%). Tingkat kegawatdaruratan pasien yang datang paling banyak yaitu tidak gawat tidak darurat (61,4%) dan trauma dengan atau tanpa disertai vulnus adalah kasus kegawatdaruratan dental yang paling banyak ditemukan (26,9%). Sebagian besar pasien dapat dirawat di IGD (94,6%) dan medikasi merupakan jenis perawatan yang paling sering diberikan (33%).

Dental emergency is a problem of oral and maxillofacial associated with acute or restorative conditions with or without pain that makes the patient feel disturbed. Since 2012, RSGM UGM Prof. Soedomo has a 24-hour Emergency Department that provides emergency care services, especially management of dental emergencies. This research aim to know the profile of patient attendance in emergency department of RSGM UGM Prof. Soedomo years of 2014 to 2016. This research was descriptive retrospective research that using medical record of patient who visited Emergency Deparment of RSGM UGM Prof. Soedomo during 2014 until 2016 that fit the criterias. The datas were taken are the amount of patients, age, gender, education level, time of visit, arrival status, diagnoses, emergency level, management, and treatment. The results showed that the amount of patients in Emergency Department of RSGM UGM Prof. Soedomo has increased. Based on 197 eligible data, women predominated (54.8%), mean were 26.53 years old, and the education level of patient were Senior High School (41.1%) and Higher Education (40.6%). Most of the patients were self-refferal (90.9%) and most visits occur on holiday (50.3%), followed by out-of-hours (34%). The emergency level of patient was non urgent (61.4%) and trauma with or without vulnus was the most common dental emergency (26.9%). The majority of patients could be treated at emergency department (94.6%) and medication was the most frequent treatment (33%).

Kata Kunci : Kegawatdaruratan dental, instalasi gawat darurat

  1. S1-2018-349875-abstract.pdf  
  2. S1-2018-349875-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-349875-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-349875-title.pdf