IDENTIFIKASI PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF SOLUSI PADA IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI BED MANAGEMENT RAWAT INAP DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
MULAT PURBA ARUM, Nuryati,S.Far.,M.P.H
2018 | Tugas Akhir | D3 REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATANLatar Belakang : Manajemen rumah sakit harus memperhatikan manajemen fungsional dan mutu. Informasi menjadi salah satu elemen penting untuk mencapai pelayanan bermutu tinggi. Informasi yang handal, cepat dan tepat diperlukan untuk mewujudkan layanan yang lebih efisien, lebih efektif, lebih cepat serta meningkatkan mutu dan keselamatan pasien. Berdasarkan observasi diketahui bahwa informasi bed management rawat inap belum bisa sesuai yg diharapkan. Tujuan : Mengetahui permasalahan dan memberikan alternatif solusi pada implementasi sistem informasi bed management rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan fenomenologi. Metode pengambilan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil : Pendaftaran rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan sistem informasi baru yaitu sistem informasi bed management rawat inap. Akan tetapi, sistem informasi belum sesuai yang diharapkan sehingga membuat petugas merasa kurang maksimal dalam memberikan informasi rawat inap terhadap pasien. Hal ini terjadi karena: pertama, petugas pendaftaran yang kurang memahami penggunaan sistem informasi dan kurangnya komunikasi antar petugas. Kedua, informasi tempat tidur yang tidak akurat serta jaringan yang kurang stabil, ketiga, kurangnya media informasi tentang standar prosedur operasional bagi petugas. Kesimpulan : Penyebab permasalahan pada implementasi bed management rawat inap yaitu faktor SDM, sarana dan prosedur. Solusi yang diberikan yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap petugas, memperbaiki jaringan, melakukan update sistem informasi rawat inap, membuat SOP dan mensosialisasikanya ke petugas.
Background: Hospital management should pay attention to the functional management and quality. Information becomes one of the important elements to achieve high quality service. Reliable, fast, and precise information are needed to realize an efficient service, effective, fast, and also improve the quality and the safety of the patient. Based on the observasi, it is known that bed management hospitalization service information has not as expectation. Objectives: To know the problem and give alternative solution to the implementation of bed management hospitalization service information system at PKU Muhammadiyah Yogyakarta Hospital. Methods: The type of the research uses descriptive qualitative with phenomenology plan. Data collection methods are using interviews, observation and documentation studies. Results: Hospitalization service registration at PKU Muhammadiyah Yogyakarta Hospital is using new information system. It is bed management hospitalization service information system. However, the information system has not as expectation, so it makes the officer feel not maximized in providing information of hospitalization service to the patient. This can happens because: firstly, registration officers does not understand how to use the information systems and lack of communication between each officers. Second, inaccurate bed information and network which does not stable. third; lack of information media about standard operating procedures for the officers. Conclusion: The cause of the problems on the implementation of bed management hospitalization service of human resources factors, facilities and procedures. The solution to this problem is evaluate the officers, increase internet capacity, update the hospitalization service information system, make SOP and socialize it to the officer.
Kata Kunci : Kata kunci : Informasi, Permasalahan, Rawat Inap, Solusi, Bed Management, Keywords: Information, Problems, Hospitalization service , Solutions, Bed Management