Laporkan Masalah

International Tourist Profile and Motivation to Visit Nusa Lembongan, Bali

ALIFA AMILA FATHONI, Dr. Mohamad Yusuf, M.A .

2018 | Skripsi | S1 PARIWISATA

Bali mencapai jumlah pengunjung wisata terbanyak dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Wisatawan mancanegara yang mengunjungi Kabupaten Klungkung memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan wisatawan nusantara. Nusa Lembongan memiliki jumlah wisatawan mancanegara paling banyak diantara destinasi wisata yang berada di Kabupaten Klungkung. Penelitian ini menganalisis profil dan motivasi wisatawan mancanegara yang mengunjungi Nusa Lembongan. Data diambil dari kuesioner yang disebarkan kepada wisatawan mancanegara (N=151) yang melakukan penyelaman scuba melalui dive center di Nusa Lembongan, salah satu tempat yang terkenal dengan titik penyelaman yang indah. Analisis profil wisatawan terdiri dari karakteristik demografik sosial, karakteristik geografis, dan psikografik karakteristik. Analisis motivasi wisatawan mancanegara menggunakan teori Snepenger, dkk (2006) yang mengacu pada teori motivasi rekreasi oleh Iso Ahola (1982). SPSS 22 digunakan untuk menganalisis hasil penelitian statistik deskriptif. Mayoritas responden di Nusa Lembongan berasal dari Benua Eropa. Hasil penelitian mengindikasi bahwa motivasi paling kuat dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Nusa Lembongan adalah motivasi Mencari Penghargaan Diri. Kata Kunci: Motivasi, profil wisatawan, Nusa Lembongan

Bali has reached the highest number of tourist visitors compared to other cities in Indonesia. International tourist who visit Klungkung District has higher number compared to domestic tourist. Nusa Lembongan has the highest number of International tourist among tourist destination in Klungkung District. This study analyzes the profile and the motivation of international tourists visiting Nusa Lembongan. The data have been collected from the questionnaires distributed to international tourists (N=151) who do scuba diving in Nusa Lembongan diving center. The analysis of the tourist profiles consist of socio-demographic characteristics, geographic characteristics, and psychographic characteristics. The analysis of the international tourist motivation is conducted using Snepenger et al (2006) theory which refers to Iso Ahola's Leisure Motivation theory (1982). Furthermore, the data is analyzed using SPSS 22 with descriptive statistical analysis. The majority of respondent in Nusa Lembongan come from European countries. The result indicates that the strongest motivation of International tourist visiting Nusa Lembongan is Seeking Personal Rewards motivation. Keywords: Motivation, tourist profile, Nusa Lembongan

Kata Kunci : Keywords: Motivation, tourist profile, Nusa Lembongan

  1. S1-2018-368648-abstract.pdf  
  2. S1-2018-368648-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-368648-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-368648-title.pdf