Laporkan Masalah

TEACHING STRATEGY IN TK ABA TEMBEN INCLUDING ENGLISH PRACTICE

YUNI NUR RAHMIYATI, Drs. Winarto. M.M.Par

2018 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRIS

Usia dini adalah masa terbaik seseorang untuk belajar. Pada periode yang juga dikenal sebagai "usia emas", anak-anak dapat dengan mudah belajar segala hal dan menyerap informasi dengan optimal. Anak-anak pada usia ini juga suka meniru orang-orang di sekitarnya, jadi peran orang tua dan orang-orang disekitarnya diperlukan untuk mengawasi pertungbuhan anak. Dalam hal ini, Taman Kanak-Kanak akhirnya menjadi sarana yang penting dalam mengembangkan potensi anak-anak melalui kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan strategi mengajar yang digunakan di kelas, terutama di TK ABA Temben. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini diantaranya pengamatan langsung selama masa praktek kerja lapangan dari bulan Januari hingga April 2018, mengajar langsung dan wawancara. Mengumpulkan data dari sekolah, melakukan dokumentasi, dan studi kepustakaan juga menjadi bagian dalam menyelesaikan ugas akhir ini. Tugas akhir ini disajikan dalam bentuk deskripsi dengan dilengkapi skema, tabel dan gambar untuk memberikan ilustrasi yang lebih jelas kepada pembaca. Strategi mengajar di TK ABA Temben diantaranya materi, metode dan media. Sebagai tambahan, penulis juga menjelaskan bagaimana guru mulai mengenalkan bahasa inggris dan mempraktekkannya, dan kesulitan-kesulitan beserta cara guru menyelesaikan kesulitan-kesulitan dari seluruh pembelajaran tersebut. Strategi mengajar yang digunakan di TK ABA Temben dapat membantu pelajar dalam mengembangkan potensinya, hal ini dapat dilihat dari kondisi dimana kebanyakan pelajar dapat mengikuti semua perintah yang diberikan oleh guru.

The young age is the best time for someone to learn. In this period, which is also known as "Golden Age", the children can easily learn everything and absorb information optimally. The children around this age also like to imitate people around them, so the role of the parents or the knowledgeable others is needed to look after the child's growth. In this case, kindergarten ends up being an important means in developing the children's potential through teaching-learning activity. Therefore, the aim of this graduating paper is to explain the teaching strategy that is used in class, especially in TK ABA Temben. The methods used in accomplishing this graduation paper are observation during the internship period in TK ABA Temben from January to April 2018, direct teaching and interview. Obtaining some documents from the school, doing the documentation and library research also become the part of accomplishing this graduating paper. This graduating paper is presented descriptively accompanied by schemes, tables and pictures to give clearer ilustration to the readers. Teaching strategy used in TK ABA Temben itself are materials, method, and media. Additionally, the writer also included how the teacher start to introduce students to English and practice English and what the obstacles are along with how they deal with those obstacles of all general lesson. The teaching strategy used in TK ABA Temben can help the young learners develop their potential, it can be seen from the condition in which most of the young learners can follow all the direction given by the teacher.

Kata Kunci : eaching strategy, young learners, TK ABA Temben

  1. D3-2018-384393-abstract.pdf  
  2. D3-2018-384393-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-384393-tableofcontents.pdf  
  4. D3-2018-384393-title.pdf