Laporkan Masalah

PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENDUKUNG PROGRAM BELA NEGARA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN PRIBADI SISWA (STUDI PADA GURU PPKn DAN SISWA DI SMAN I BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

HENGKY EMANUEL F, Dr. Sri Rum Giyarsih, S.Si., M.Si ; Prof. Dr. Kodiran, MA.

2018 | Tesis | MAGISTER KETAHANAN NASIONAL

Pelaksanaan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadi salah satu faktor penentu dalam membentuk rasa bela negara, mempunyai rasa cinta tanah air dan bangsa dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Tujuan dari penelitian tesis ini adalah : (1) untuk mengetahui peran guru PPKn dalam mendukung program bela negara di sekolah; (2) untuk mengetahui respon siswa dalam menerima materi pelajaran PPKn di dalam kelas; (3) untuk mengetahui implikasi dari peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Data penelitian terdiri atas dua yaitu (1) data primer, yang didapatkan dari hasil wawancara mendalam dan pengamatan langsung; (2) data sekunder, didapatkan dari dokumentasi, studi pustaka, dan internet, kemudian dilakukan analisis untuk mengolah data. Penelitian berlokasi di SMAN I Banguntapan Bantul, DIY. Subjek penelitian adalah guru PPKn dan perwakilan siswa kelas X dan kelas XI. Hasil penelitian ditemukan, dua hal tersebut adalah : (1) Guru PPKn sudah mampu menunjukkan perannya dalam memberikan pengajaran dan pendidikan, memberikan bimbingan serta memberikan evaluasi terhadap para siswa di sekolah. (2) Respon siswa dalam menerima materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berbeda-beda disetiap kelas, terdapat kelas yang aktif dan kelas yang kurang aktif. (3) Implikasi peran guru terhadap ketahanan pribadi siswa berbeda-beda, kelas X memberikan implikasi yang positif terhadap peran guru PPKn saat memberikan materi pelajaran, sedangkan kelas XI kurang memberikan pengaruh yang positif terhadap peran guru PPKn.

The Role of Pancasila And Citizenship Education was became one of determinant factor to built state defend stronger than before, nationalism and it implication for student personal resilience. The perpose for this research were (1) to find out the role of Pancasila and Citizenship (PPKn) teacher supporting the state defend in school; (2) Knowing the student response when receiving the subjek of education Pancasila and Citizenship (PPKn) on the class; (3) to find out the implications of the role of Pancasila and Citizenship teacher on studentpersonality. The research was a qualitative study and using descriptive methode. This research using two data to answer issues. The data were (1) Primary data, primary data was obtained from deep interview and observation. (2) Secondary data, secondary data was obtained from documentation, literature review and the internet, and than using analysis to process the data. This research took place at SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul Regency, Special Province of Yogyakarta. The subject of this research were PPKn teacher and student representatives from class X and class XI. There were two result of this research, (1) the teachers of PPKn have been able to demonstrate their role in providing teaching and education, providing guidance as well as providing an evaluation of the students in the school; (2) The students in the class receiving subject matter Education of Pancasila and Citizenship were different,there are active classes and less active classes; (3) The implications of teacher's role in student's personal resilience was different of each other. Student from class X had positive implication of the PPKn teacher���¢�¯�¿�½�¯�¿�½s role and student from class XI had negative implication of the PPKn teacher���¢�¯�¿�½�¯�¿�½s role.

Kata Kunci : Peran Guru, Respon Siswa, Ketahanan Pribadi Siswa

  1. S2-2018-389693-abstract.pdf  
  2. S2-2018-389693-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-389693-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-389693-title.pdf