Laporkan Masalah

Analisis Kualitas Tes Pengertian Mekanik Berdasarkan Teori Tes Klasik

NURUL FAJRIYAH P, Prof.Dr. Saifuddin Azwar, M.A.

2018 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitas Tes Pengertian Mekanik. Analisis pada tataran aitem dilakukan menggunakan teori tes klasik, melalui tiga parameter yakni taraf kesukaran, daya beda, dan efektivitas distraktor. Analisis pada tataran tes dilakukan untuk mengetahui estimasi koefisien reliabilitas skor tes dan error standar dalam pengukuran. Sumber data merupakan pembacaan lembar jawaban Tes Pengertian Mekanik yang dikerjakan oleh pengguna jasa UKP Fakultas Psikologi UGM. Data yang berhasil dikumpulkan berasal dari 528 subjek. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software Iteman 3.00 dan IBM SPSS Statistics 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas skor tes keseluruhan sebesar 0,707 dan SE sebesar 3,66. Reliabilitas skor tes untuk kelompok laki-laki sebesar 0,737 dan SE sebesar 3,403. Reliabilitas skor tes untuk kelompok perempuan sebesar 0,635 dengan SE sebesar 3,702. Tingkat kesukaran aitem berkisar antara 0,061 sampai 0,884. Daya beda aitem berkisar antara -0,069 sampai 0,426. Berdasarkan analisis distraktor ditemukan sebanyak 50 aitem yang memiliki distraktor berfungsi efektif. Secara keseluruhan, Tes Pengertian Mekanik memiliki 45 persen aitem dengan tingkat kesukaran sesuai kriteria, 63,24 persen aitem yang memiliki daya beda yang diterima, dan 73,52 persen aitem yang memiliki distraktor efektif. Hasil estimasi reliabilitas menghasilkan koefisien yang belum memenuhi standar reliabilitas memuaskan sebagai high stakes test. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Tes Pengertian Mekanik memiliki kualitas yang kurang memuaskan.

The purpose of this study is to analyze the Tes Pengertian Mekanik (C4)/ Mechanical Reasoning Test. Analysis on item-level was done using classical test theory according to three parameters, which are levels of difficulty, discrimination index, and effectivity of distractors. Analysis on test-level was done to find the test score reliability coefficient estimation and standard error of measurement. The source of data came from the result of Tes Pengertian Mekanik provided by UKP (Psychology Consultation Unit) of Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada. Total of 528 subjects were collected. Data analysis of this research was done using the Iteman 3.00 software and IBM SPSS Statistics 21. The result of analysis shows that in total the reliability coefficiency of the test score is .707 with the SE of 3.66. The reliability of the test score for male group is .737 with SE of 3.403, while the reliability of the test score for female group is .635 with SE of 3.702. The range of item difficulty level is around .061 up to .884. Items� discrimination index ranged from -.069 up tp .426. According to the distractor analysis, it was found that up to 50 items with distractors shows effective function. As a whole, Tes Pengertian Mekanik have 45 percent items with appropriate level of difficulty according to criteria, 63.24 percent of items shows acceptable discriminatin index, and 73.52 percent of items shows effective distractors. Reliability estimation result shows coefficiency that did not meet the standard of reliability to satisfy as a high stakes test. In general, in can be concluded that Tes Pengertian Mekanik have an unsatisfactory quality.

Kata Kunci : teori tes klasik, tes pengertian mekanik, reliabilitas, error standar dalam pengukuran, daya beda aitem, tingkat kesukaran aitem, efektivitas distraktor, classical test theory, discrimination index, difficulty of items, reliability

  1. S2-2018-403865-abstract.pdf  
  2. S2-2018-403865-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-403865-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-403865-title.pdf