Laporkan Masalah

TEKNIK EUTANASI DAN NEKROPSI TIKUS (Rattus norvegicus) DI NATIONAL LABORATORY ANIMAL CENTER (NLAC), MAHIDOL UNIVERSITY, THAILAND PERIODE 20 NOVEMBER-2 DESEMBER 2017

KHAIRANI SAPUTRI S, drh. Risa Ummami M. Sc

2018 | Tugas Akhir | D3 KESEHATAN HEWAN SV

Penggunaan hewan laboratorium sangat diperlukan dalam berbagai pengembangan penelitian baik dalam ilmu pengetahuan maupun dalam bidang medis/kesehatan. Hewan laboratorium adalah setiap hewan yang digunakan pada sebuah penelitian biologis dan biomedik yang dipilih berdasarkan syarat atau standar dasar yang diperlukan dalam penelitian tersebut. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui teknik eutanasi dan nekropsi pada tikus putih (Rattus novergicus) di National Laboratory Animal Center (NLAC) Mahidol University, Thailand. Pengambilan data dilakukan dengan praktek dan pengamatan langsung pada 20 November-2 Desember 2017.Teknik eutanasi yang dilakukan di NLAC, Mahidol University menggunakan dua cara yaitu secara inhalasi menggunakan Karbon Dioksida (CO2) dan dengan cara injeksi menggunakan zat farmakologi golongan pentobarbital (Nembutal®) secara intraperitoneal. Teknik nekropsi diawali dengan desinfeksi menggunakan alkohol 70% dan dilakukan incisi pada linea alba dari anus ke arah cranial, kemudian dilakukan pemeriksaan organ dan pengambilan organ yang terindikasi adanya perubahan atau abnormalitas organ. Teknik eutanasi, dan nekropsi yang dilakukan di NLAC sesuai dengan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh laboratorium tersebut.

Laboratory animal is necessary in the various research development both in science and medical/health. Laboratory animal is every animal that used in a biologic and biomedic by the research. This final paper purpose to know euthanasia technique and necropsion on white mouse (Rattus norvegicus) in National Laboratory Animal Center (NLAC) Mahidol University. Data collection was done with practice and direct observation on 20 November-2 December 2017. There are two euthanasia technique that have been used in NLAC, first inhalation euthanasia using CO2 and injection of pharmacological substance that classified as pentobarbital (Nembutal®) on intraperitoneal. Necropsion technique started by desinfection using 70% alcohol and linea alba incision from anus head to cranial , then observating the organ to search abnormality and take the abnormal part. Euthanasia and necropsy technique on NLAC according to the standarts set by the laboratory.

Kata Kunci : Eutanasi, Nekropsi, Tikus, NLAC

  1. D3-2018-380521-abstract.pdf  
  2. D3-2018-380521-bibliography.pdf  
  3. D3-2018-380521-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2018-380521-title.pdf