Laporkan Masalah

PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA (IBU) DALAM MENGAJARKAN CARA MENYIKAT GIGI SECARA HORIZONTAL TERHADAP PENURUNAN AKUMULASI PLAK PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN

NURUL FATMA AULINA, Prof. Dr. drg. Iwa Sutardjo RS., SU., Sp.KGA(K); Dr. drg. Rinaldi Budi Utomo, MS., Sp.KGA(K)

2018 | Skripsi | S1 HIGIENE GIGI

Pola asuh orangtua sebagai cara terbaik yang dilakukan orangtua untuk mendidik anak. Kebiasaan anak yang berbeda dihasilkan dari pola asuh yang berbeda, termasuk dalam hal perilaku menyikat gigi. Pengajaran cara menyikat gigi agar menjadi suatu kebiasaan untuk mencegah akumulasi plak gigi perlu dilakukan oleh orangtua terutama ibu sebagai figur terdekat anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari pola asuh otoriter, demokratis dan permisif ibu dalam mengajarkan cara menyikat gigi secara horizontal terhadap penurunan akumulasi plak pada anak usia 6-7 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Subjek penelitian berjumlah 30 anak, usia 6-7 tahun, dikelompokkan menjadi 3 (otoriter, demokratis dan permisif) sesuai dengan kecenderungan pola asuh masing-masing ibu subjek. Pemeriksaan plak awal dilakukan pada pagi hari, dilanjutkan edukasi cara menyikat gigi horizontal pada ibu subjek pada siang harinya. Plak dinilai dengan indeks plak dari Martin dan Meskins. Pemeriksaan plak akhir dilakukan pada hari ketujuh. Adanya pengaruh pola asuh ibu dalam mengajarkan cara menyikat gigi horizontal terhadap penurunan akumulasi plak dianalisa dengan Uji ANOVA. Perbedaan pengaruh antara dua kelompok dianalisa dengan uji Independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pola asuh ibu dalam mengajarkan cara menyikat gigi horizontal terhadap penurunan akumulasi plak (p< 0,05). Penurunan akumulasi plak pada kelompok pola asuh demokratis lebih tinggi dibanding kelompok otoriter dan permisif. Kesimpulan penelitian ini yaitu pola asuh yang berbeda pada ibu dalam mengajarkan cara menyikat gigi secara horizontal menghasilkan keterampilan yang berbeda pada anak dalam menyikat gigi.

Parenting style as the best way for parents to educate their children. Different child behaviors are generated from different parenting styles, including the behavior on how they brush their teeth. Teaching how the proper technique on toothbrushing as a good habits to prevent the accumulation of dental plaque needs to be done by parents, especially mothers as the closest figure of the child. The aim of this study was to determine the effect of mother's authoritarian, democratic and permissive parenting style in teaching horizontally teethbrushing on decreasing dental plaque accumulation in children aged 6-7 years. This study was quasi experimental. The subjects were used in this study consisted 30 subjects, aged 6-7 years, grouped into 3 (authoritarian, democratic and permissive) based on the tendency of each mother's parenting style. First plaque examination were done in the morning, continued to educate how to brush the teeth with horizontal technique for mother in the afternoon and ask them to train their children for 7 days. Plaques was assessed by the plaque index from Martin and Meskins. The final plaque examination was performed on day seven. The effect of mother's parenting style in teaching how to brush the teeth with horizontal technique on decreasing dental plaque accumulation was analyzed by ANOVA test. The difference effect between the two groups were analyzed by Independent t-test. The results showed an average decrease of dental plaque accumulation in the democratic parenting group was higher than the authoritarian group and permissive group. There was effect of mother's parenting style on teaching how to teethbrushing with horizontal technique on decreasing plaque accumulation (p <0,05). The conclusions of this study was the different mother's parenting style in teaching horizontally teethbrushing produce the different skills on teethbrushing by children.

Kata Kunci : anak 6-7 tahun, pola asuh orangtua, menyikat gigi horizontal, penurunan akumulasi plak

  1. S1-2018-347830-abstract.pdf  
  2. S1-2018-347830-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-347830-tableofcontents.pdf  
  4. S1-2018-347830-title.pdf