Laporkan Masalah

PERAN STRES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DENGAN DUKUNGAN SOSIAL SEBAGAI MODERATOR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SUCI PEBRIANI, Yuli Fajar Susetyo, S.Psi., M.Si., Psikolog

2018 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran stres terhadap motivasi belajar yang dimoderatori oleh dukungan sosial pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah stres berpengaruh negatif terhadap motivasi belajar, dan dukungan sosial memperkuat atau melemahkan peran stres terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan cara mendistribusikan skala pada subjek yang memenuhi kriteria. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 1 Kasihan Bantul (N= 140). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi moderasi atau MRA (Moderated Regression Analysis). MRA adalah metode regresi linear berganda dimana dalam persamaan regresinya mengandung unsur interaksi. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor stress berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, dimana nilai F adalah 5,046 dengan taraf signifikansi 0,026. Nilai R square diantara variabel adalah 0,028 atau 2,8% dan 97,2%-nya dipengaruhi oleh variabel lain. Peran dukungan sosial juga mempengaruhi motivasi belajar siswa, dimana nilai F adalah 30,565 dengan taraf signifikansi 0,000. Nilai R square diantara varibel adalah 0,199 atau 19,9%. Dengan variabel dukungan sosial sebagai moderator, secara simultan variabel stress dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dimana nilai F adalah 4,062 dengan taraf signifikansi 0,046. Nilai R square antara variabel adalah 0,216 atau 21,6% dan 73,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang berasal dari luar penelitian ini.

The aim of this study was to examine the role of stress on learning motivation with social support as a moderator at middle school student. Hypothesis that proposed in this study was stress negatively affects learning motivation, and social supports strengthens or weakens the role of stress on learning motivation. Subjects in this study were who studied in nine grade junior high school (N=140). Analysis model used in this research was a moderated regression analysis (MRA). MRA was a multiple linear regression, that is formulating regression contained elements of interactions. The results showed that stress had an positif affects towards student learning motivation, where the value of F was 5,046 with significant level of 0,026. The value of R square among the variables was 0,028 or 2,8% and the left value of 97,2% have been influenced by other variables. The social support have been influence toward student learning motivation, where the value of F was 30,565 with significant level of 0,000. The value of R square among the variables was 0,199 or 19,9%. By using social support as moderating variable, simultaneously the stress and social support had influence towards student learning motivation, where the value of F was 4,062 with significant level 0,046. The value of R square among the variables was 0,216 or 21,6% and 73,4% have been influenced by other variable from outside of this research model.

Kata Kunci : motivation, stress, social support, moderated

  1. S1-2018-334428-abstract.pdf  
  2. S1-2018-334428-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-334428-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-334428-title.pdf