Laporkan Masalah

PENERAPAN LEAN SIX SIGMA UNTUK MENGURANGI TENGGANG WAKTU PENYELESAIAN PERKARA PADA KAMAR TATA USAHA NEGARA MAHKAMAH AGUNG

RIRY HARIANI, Henry Yuliando, MM., M.Agr., Ph.D.

2018 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tenggang waktu penyelesaian perkara Peninjauan Kembali Pajak di Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, melalui penerapan teori Lean Six Sigma. Pertama-tama peneliti mengidentifikasi layanan-layanan apa saja yang diberikan, menentukan aktivitas-aktivitas apa saja untuk mendukung layanan tersebut serta menentukan waktu tunggu bernilai tambah dan waktu tunggu tidak bernilai tambah untuk setiap aktivitas-aktivitas yang mendukung pelayanan tersebut. Selanjutnya dianalisis aktivitas apa saja yang mengandung pemborosan. Aktivitas yang mengandung pemborosan tersebut kemudian diperbaiki. Hasil perbaikan tersebut kemudian dibuat pemetaan aliran nilai perkara pajak untuk masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua belas tahapan layanan perkara pajak. Pada sistem saat ini total waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan layanan perkara pajak sebanyak 95 hari 31 menit 30 detik. Kemudian dianalisis dengan mengaju pada teori Lean Six Sigma, diperoleh dua puluh aktivitas yang tergolong kedalam pemborosan yaitu Transportasi, Gerak, Menunggu, Cacat dan Proses. Dengan memperbaiki aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah tersebut diperoleh tenggang waktu penyelesaian perkara menjadi 2 hari 23 jam 32 menit 10 detik.

This research aims to reduce the lead time for resolving cases of Tax Review in State Administrative Room of the Supreme Court, based on the application of Lean Six Sigma Methode. Firstly ,the researcher identifies what services are provided, determines which activities support the service and determines the value-added waiting time and the waiting time is not value added for any activities that support the service. It can be evaluated which activities contain waste. Then those waste Activities will be fixed. The repaired result then those waste then mapped into the flow of tax court value for the future. The results show that there are twelve phases of tax court service. On the current system the total time needed to obtain a tax service case is 95 days 31 minutes 30 seconds. while analyzed by applying Lean Six Sigma methode, obtained twenty activities that belong to waste activities, which are Transportation, Motion, Waiting, Disability and Process. By fixing the activities that are not add value activities the period settlement time reduce to 2 days 23 hours 32 minutes 10 seconds.

Kata Kunci : lean, six sigma, lean six sigma, pemborosan

  1. S2-2018-334455-bibliography.pdf  
  2. S2-2018-334455-tableofcontent.pdf  
  3. S2-2018-334455-title.pdf  
  4. s2-2018-361045-abstract.pdf  
  5. s2-2018-361045-bibliography.pdf  
  6. s2-2018-361045-tableofcontent.pdf  
  7. s2-2018-361045-title.pdf